Panduan Ujian Praktek Smp Tahun 2015
Berikut Panduan Ujian Praktek Sekolah Menengah Pertama Tahun 2014-2015 untuk Mata Pelajaran IPA Terpadu
Pendahuluan
Berdasarkan peraturan menteri pendidikan nasional Indonesia no. 45 tahun 2010 pasal 1 ayat 2 yang menyatakan bahwa “ Ujian sekolah/madrasah selanjutnya disebut US/M ialah acara pengukuran dan evaluasi kompetensi penerima didik yang dilakukan oleh sekolah/madrasah untuk semua mata pelajaran pada kelompok ilmu pengetahuan dan tehnologi “ ,maka satuan pendidikan (SMP/MTs) perlu mengadakan pengukuran dan evaluasi dalam kemampuan psikomotorik berupa acara praktikum mata pelajran Ilmu Pengtahuan Alam ( IPA ) , yang materi ujinya dari semester 1,2,3,4,5,dan 6.
Dalam acara pengukuran dan evaluasi sebagaimana dimaksud diatas ,dengan ini Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta memberi petunjuk tehnis dan panduan materi praktikum yang sanggup dipilih diantara daftar yang tersusun ini dengan mengacu kepada kemampuan satuan pendidikan.
Sebaran Materi
Materi mencakup seluruh jenjang kelas 7, 8 dan 9 sesuai KTSP pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Kisi-Kisi Materi
Materi ujian sanggup dipilh dari kompetensi yang ada dengan contoh perbandingan kelas 7,kelas 8 dan kelas 9 ialah 2 : 3 : 5
Mekanisme Pelaksanaan
- Setiap siswa mendapat materi fisika, biologi dan kimia dengan pengaturannya diadaptasi pada kebijakan sekolah masing-masing. Dalam panduan ini disediakan materi-materi untuk diujikan dalam praktek. Masing-masing sekolah sanggup menentukan materi ujian praktek yang sesuai dengan alat yang dimilki sekolah.
- Semua alat dan materi praktikum sebaiknya disediakan oleh sekolah ,untuk menjaga kerahasian materi yang akan diujikan dalam praktikum.
- Jika alat dan materi yang diharapkan tidak mencukupi maka ujian praktek sanggup dilakukan dengan system kerja kelompok
Teknis Pelaksanaan
- Ruang pengujian didesain sedemikian rupa, sehingga penerima ujian sanggup melaksanakan acara dengan tertib tidak terganggu oleh teman yang berada didekatnya.
- Dalam tiap ruang disiapkan 5 atau 6 jenis materi ujian praktek,maksimal tersedia sebanyak 4 set untuk setiap materi ujian praktek.
- Dalam satu ruangan ujian praktek sanggup menampung 20 penerima ujian
- Setiap sessi memerlukan waktu 90 menit
- Peserta ujian mengenakan jas lab ( kalau ada ) dan masuk ke dalam ruangan praktikum hanya berbekal tanda peserta, alat tulis dan serbet.
- Peserta ujian wajib mengerjakan semua acara yang tersedia dengan mengisi lembar acara dan setiap mata ujian praktek diselesaiakan dalam waktu 15 menit
Pengajuan dan Penilaian
- Guru bukan hanya bertindak sebagai pengawas ujian ,tetapi juga sebagai penilai dan penguji dalam proses acara ujian praktek.
- Penguji harus mengamati cara kerja dari persiapan sampai selesai dan menilik lembar acara masing-masing dengan skor yang sesuai dengan pedoman penskoran.
- Penilaian sanggup dilakukan penskoran dari skor proses dan skor laporan acara praktikum..
- Penilaian menurut pada rumus berikut ini :
Nilai = Jumlah Skor
Pedoman Penskoran
No. | Aspek Yang Dinilai | Skor |
1. 3. | Persiapan:
Proses :
Laporan :
| 0 – 5 0 – 5 0 – 15 0 – 15 0 – 10 0 – 5 0 – 5 0 – 10 0 – 10 0 – 10 0 – 10 |
Jumlah Max | 100 |
Materi dan Judul Praktikum
No. | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | JUDUL PRAKTIKUM |
1. | KELAS VII 1. Memahami mekanisme ilmiah untuk mempelajarai benda-benda alam dengan memakai peralatan | 1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan memakai alat ukur yang sesuai dan sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari | 1. Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar | 1. Pengukuran volum / massa / waktu |
2. | 2.Memahami kalsifikasi zat | 2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari | 2.Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam contohnya dengan memakai kembang sepatu | 2.Mengelompokan larutan asam, basa dan garam |
3. | 3.Memahami wujud zat dan perubahannya | 3.2. Mendiskripsikan konsep masa jenis dalam kehidupan sehari-hari | 3. Merencanakan percobaan sederhana wacana pengukuran masa jenis | 3. Menentukan masa jenis zat |
4. | 5.Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan | 5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan | 4.Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objec Mikropis) | 4.Menggunakan mikroskop untuk pengamatan preparat segar atau preparat awetan |
5. | 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup | 6.2 Mengklasifikasi-kan makhluk hidup berdasrkan ciri-ciri yang dimiliki | 5.Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati | 5.Mengklasifikasikan binatang atau tumbuhan menurut ciri-cirinya |
6. | KELAS VIII 1.Memahami aneka macam sistem dalam kehidupan insan | 4.1 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada insan dan dan hubungannya dengan kesehatan | 6. Mendeskripsikan jenis masakan berdasar kandungan zat yang ada di dalamnya | 6. Melakukan uji materi masakan untuk mengetahui adanya amilum protein dan lemak yang tedapat pada masakan tertentu |
7. | 2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan | 2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau | 7. Melakukan dan menciptakan laporan hasil percobaan fotosintesis | 7.Melakukan percobaan fotosintesis |
8. | 5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari | 5.4 Melakukan percobaan wacana pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 8. Melakukan acara untuk menggolongkan alat-alat yang disediakan kedalam jenis tuas,karol dan bidang miring | 8. Menggolongkan tuas, katrol dan bidang miring |
9. | 6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari | 6.3 Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan aneka macam bentuk cermin dan lensa | 9. Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung atau lensa cekung dan lensa cembung | 9.Menentukan bayangan benda pada cermin atau lensa |
10. | KELAS IX 1. Memahami aneka macam sistem dalam kehidupan manusia | 1 .1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada insan dan hubungannya dengan kesehatan | 10. Mendiskripsikan proses dan fungsi organ ekskresi pada insan | 10. Menjelaskan proses dan fungsi organ ekskresi dengan carta atau torso |
11. | 1. Memahami aneka macam sistem dalam kehidupan manusia | 1.3.Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada insan dan hubungannya dengan kesehatan | 11.Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang, dan sel saraf dalam sistem koordinasi | 11. Menentukan fungsi otak ,sumsum tulang belakang pada carta atau torso |
12. | 2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup | 2.3 mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya | 12.menentukan rasio hasil persilangan persilangan monohibrida dan dihibrida | 12. Persilangan monohibrid dan persilangan dihibrid |
13. | 3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 13. Membuat rangkaian komponen listrik dengan aneka macam variasi baik seri maupun paralel | 13. Menyusun rangkaian listrik seri / paralel |
14. | 3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 14. Melakukan percobaan pengukuran berpengaruh arus dan mengukur tegangan dengan memakai alat ukur dalam suatu rangkaian | 14. Pengukuran berpengaruh arus dan tegangan pada suatu rangkaian |
15. | 4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 4.3 Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik | 15. Menjelaskan kekerabatan antara pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan | 15. Menyelidiki timbulnya GGL dan arus induksi |