Meningkatkan Trafik Organik Dan Peringkat Blog Secara Cepat Di Google Search Engine
Saya akan mengembangkan wacana beberapa pengalaman saya serta apa yang saya dapatkan dan pelajari selama ini mengenai beberapa faktor penting dari SEO (Search Engine Optimization) di tingkat laman blog.
Yang pastinya sanggup Meningkatkan Trafik Organik dan Peringkat Blog Secara Cepat di google search engine.
Gambar oleh : digitalvidya.com
Yang pastinya sanggup Meningkatkan Trafik Organik dan Peringkat Blog Secara Cepat di google search engine.
Ada beberapa faktor penting dalam mengoptimasi blog semoga bisa cepat masuk dihalaman pertama google search engine.
Yang pada jadinya akan meningkatkan kemudian lintas organik Blog, meningkatkan rangking blog dan secara tidak pribadi juga memperbaiki SEO dari halaman blog itu sendiri.
Yang pada jadinya akan meningkatkan kemudian lintas organik Blog, meningkatkan rangking blog dan secara tidak pribadi juga memperbaiki SEO dari halaman blog itu sendiri.
Cara meningkatkan traffic pengunjung dan peringkat blog atau website yang akan saya bahas kali ini yaitu dengan teknik "SEO On Page" yang saya pahami selama ini.
Meningkatkan Trafik Organik dan Peringkat Blog Secara Cepat di Google Search Engine
Jujur saja, tidak banyak hal yang sanggup saya pahami wacana SEO, saya juga masih dalam tahap belajar.
Dan artikel ini juga saya jadikan sebagai pembelajaran untuk saya sendiri dalam mengoptimasi SEO untuk mempercepat meningkatkan trafik organik dan peringkat blog secara masuk akal dan alami.
Karena berguru sambil praktek yaitu teknik dan cara terbaik dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan kita.
Dan artikel ini juga saya jadikan sebagai pembelajaran untuk saya sendiri dalam mengoptimasi SEO untuk mempercepat meningkatkan trafik organik dan peringkat blog secara masuk akal dan alami.
Karena berguru sambil praktek yaitu teknik dan cara terbaik dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan kita.
Teknik "SEO On Page" ini telah saya praktekkan secara tidak sengaja, alasannya yaitu selama ini, saya menciptakan konten atau postingan tanpa memikirkan apapun juga termasuk SEO.
Hanya berpikir wacana bagaimana semoga artikel ini bermanfaat bagi orang banyak.
Ternyata, sehabis beberapa bulan mendalami Blog, Blogger dan Blogging, dan mengenal serta berguru SEO, ternyata apa yang saya lakukan selaras dan sejalan dengan SEO.
Saya berguru SEO dari artikel saya sendiri, dengan membandingkan dengan teori-teori yang saya pelajari selama setahun terakhir.
Hasilnya, banyak postingan saya yang berhasil masuk kedalam halaman pertama Google Search Engine, yang bahkan ada beberapa artikel saya berada di peringkat pertama hasil penelusuran Google.
Semua itu saya lakukan tanpa plugin apapun juga, alasannya yaitu saya memakai hosting Blogspot untuk Blog atau Situs awambicara.id ini.
Tidaklah ibarat wordpress yang mempunyai plugin-plugin dalam optimisasi SEO.
Baiklah, kita mulai...
Meta tag dan kata kunci yaitu dua faktor penting didalam faktor SEO halaman Blog atau Website.
Jika kita melaksanakan semuanya dengan benar dalam menerapkan beberapa Faktor SEO di dalam laman blog, artikel atau konten blog atau website kita...
...dapat saya pastikan jumlah pengunjung organik kita akan meningkat secara tajam, dari setiap konten yang kita publikasikan.
...dapat saya pastikan jumlah pengunjung organik kita akan meningkat secara tajam, dari setiap konten yang kita publikasikan.
Hal ini sudah saya buktikan dalam beberapa artikel saya di Blog Awam Bicara ini, alasannya yaitu itulah saya berani untuk mengembangkan cara cepat meningkatkan trafik organik dan peringkat blog dengan mengoptimisasi "SEO On Page".
Daftar Praktik Terbaik SEO On Page ini saya susun dalam 16 belahan :
1. Optimasi URL/ Permalink yang baik
Dalam wawancara antara Stephen Spencer dan Matt Cutt (Kepala Webspam Google) menyampaikan bahwa, Google menunjukkan bobot lebih besar untuk 4-5 kata pertama sehingga tetap menjaga URL blog kita untuk direkomendasikan.
Dalam hal ini, kita bisa mengoptimasi URL/ Permalink, dengan beberapa kata kunci yang kita targetkan yang tentu saja sesuai dengan isi/ konten dari artikel, dan mendiskripsikan secara singkat wacana isi dari konten artikel kita.
Judul dan Url yang kita buat dihentikan terlalu panjang ataupun terlalu pendek, dengan panjang URL dan Judul artikel 4-5 kata, maka konten akan terlihat alami, dan menunjukkan pengalaman pengguna yang lebih baik.
Jadikan diri anda sebagai seorang user, pada ketika melihat hasil penelusuran google, yang diperhatikan yaitu Judul dan URL/ Permalink, serta Deskripsi singkat dari konten.
Sebagian besar pengguna atau user waktu mengklik sehabis membaca kata yang disertakan di dalam URL laman / posting.
Hindari penggunaan URL/ permalink yang terlihat jelek ibarat http://awambicara.id/p=123.
Kita yaitu insan dan lebih menentukan kata-kata daripada bilangan biner atau angka dan alamat IP.
Panjangnya URL juga bergotong-royong kurang begitu besar lengan berkuasa dibandingkan dengan URL yang singkat.
Optimasi struktur URL postingan memang masih menjadi kontroversi di beberapa kalangan blogger, ada yang menyukai versi yang panjang disertai tanggal dan ada juga yang fokus pada URL pendek.
Neil Patel, pendiri 4 perusahaan multi millioner lebih suka memakai URL halaman tanggal yang panjang dan lengkap.
Dia meyakini bahwa hal ini membantu mesin telusur dalam menentukan peringkat nya dalam hal keterbaruan atau fresh nya suatu artikel dan mungkin juga membantu pembaca untuk menentukan postingan terbaru dari mesin pencari itu sendiri.
Meskipun ada hukum yang tidak diatur untuk menyusun URL Anda dengan cara yang lebih baik namun Anda menyalin gaya URL dari situs otoritas.
Google memang tidak memasukkan bobot ke dalam gaya permalink/ URL, namun memberi nilai lebih pada kata kunci yang dipakai di dalamnya.
Tidak duduk kasus apakah URL itu panjang atau pendek namun URL generik kaya kata kunci melakukannya dengan baik di halaman hasil mesin pencari.
Semuanya bergantung pada konten yang bermanfaat.
Para jago SEO mengatakan: Tulislah URL dengan cara yang mendidik pembaca wacana topik sehabis melihat URL kita. Kaprikornus URL harus dibentuk secara terperinci mendeskripsikan konten.
Contoh : Lihat link ini www.awambicara.id/2017/05/contoh-surat-permohonan-perwalian-di.html, setiap pengguna/ user sanggup dengan gampang mengingatnya tanpa masalah, hanya berisi 5 kata.
2. Memulai Judul dengan Kata Kunci
Isi artikel sangat penting tapi perlu anda ingat, judul artikel pun jauh lebih penting daripada isi dari dalamnya.
Dengan membaca judul, seorang pengunjung bisa meramalkan dan mengira-ngira tema dan isi konten kita.
Judul artikel atau postingan sangat penting pada faktor SEO halaman dan search engine memberi nilai lebih pada kata kunci pencarian ketika ditempatkan pada awal judul.
Kata para jago : Memang kita tidak perlu untuk memulai judul artikel dengan penargetan kata kunci namun kalau kita melakukannya niscaya akan meningkatkan nilai pada hasil pencarian.
3. Panjang Judul
Title Tag/ Tag Judul menggambarkan isi atau tema dari postingan lengkap kita. Ini harus singkat, jelas. menarik dan deskriptif.
Judul harus dalam 50-65 aksara alasannya yaitu kalau lebih dari 65 karakter, mesin telusur tidak sanggup menampilkan judul yang panjangnya lebih dari itu.
Berikut yaitu cuplikan judul panjang yang terlampaui di mesin telusur Google.
Jika tidak yakin dengan bagaimana tampilan judul postingan mu, kau bisa memakai tool pratinjau dari Moz untuk melihat bagaimana judul yang kita tulis diterbitkan dan bagaiamana penampakannya di mesin telusur.
4. Deskripsi Meta
Jika kita melihat hasil Survey Mike King, posting yang mempunyai deskripsi meta yang mengesankan mendapat klik 42% lebih banyak daripada deskripsi meta sederhana.
Cuplikan wacana bagaimana deskripsi meta muncul di hasil penelusuran, sanggup kau lihat pada Gambar di atas dengan kata kunci "Nearme Find Phone Oppo".
Kita hanya mempunyai 160 aksara untuk menulis deskripsi meta dan jangan berlebihan meletakkan kata kunci tertarget disana, cukup gunakan sinonim untuk sasaran kata kunci utama kamu.
Memasukkan kata kunci di deskripsi meta yang berlebihan niscaya akan merugikan kau sendiri.
Misalnya, kau bisa melihat referensi gambar pada postingan NearMe Find Phone, Solusi dari OPPO bagi Pengguna Smartphone OPPO yang Hilang dengan kata kunci "Nearme Find Phone Oppo" diatas.
Kata kunci sasaran saya diatas yaitu "Nearme Find Phone Oppo" maka saya memakai deskripsi meta : Smartphone Oppo kau hilang? Berikut solusi yang ditawarkan oleh OPPO Nearme Find Phone.
Kata kunci sasaran saya diatas yaitu "Nearme Find Phone Oppo" maka saya memakai deskripsi meta : Smartphone Oppo kau hilang? Berikut solusi yang ditawarkan oleh OPPO Nearme Find Phone.
Atau kau bisa memakai sinonim (LSI Keyword) dari saran yang diberikan oleh Google Search Engine, ibarat dibawah ini :
oppo nearme apk
nearme apps oppo
cara daftar o cloud di oppo f1s
cara mencari hp oppo yg hilang
login oppo
oppo account
find my phone oppo f1s
o cloud oppo a37
Kamu bisa menemukan istilah-istilah terkait di belahan bawah hasil pencarian Google. Menggunakan kata kunci ini sanggup meningkatkan kemudian lintas organik ke postingan blog kita.
5. Sertakan Multimedia alt tag
Konten yang bermanfaat memang sangatlah penting bagi SEO.
Akan tetapi, kalau artikel atau konten kita di perkaya lagi dengan memakai gambar, video dan presentasi kontekstual maka akan jauh lebih menarik lagi dan sanggup mengurangi tingkat bouncing/ pentalan situs kita.
Jika kita perhatikan, blogger-blogger yang sukses, selalu memakai banyak gambar dan video untuk menarik perhatian pengunjung dan juga membantu mereka untuk memahami isinya dengan lebih akurat.
Adapun faktor SEO yang terkait dengan multimedia (gambar, video, dll), yaitu dengan memakai kata kunci sasaran sebagai teks Alt (Alt Tag).
Google memberi bobot nilai lebih pada gambar yang disertai dengan "tag alt" dengan kata kunci yang tertarget/ penting.
6. Gunakan Outbound Links
Menyisipkan link keluar yang berkualitas dengan jumlah yang banyak pada artikel Postingan kita akan menciptakan dan menunjukkan isu lebih banyak dan bermanfaat bagi pengunjung.
Tautan keluar yang relevan ada di artikel kita akan menciptakan situs web/ blog kita menjadi semacam web/ blog yang menunjukkan pemberian dan menjadi web/ blog tipe pembantu.
Strategi ini yaitu taktik "White Hat SEO" dan lebih gampang dalam mendapat lebih banyak trafik atau kemudian lintas.
Blogger pemula biasanya tidak menyertakan banyak link keluar dari postingan mereka, alasannya yaitu mereka berpikir bahwa dengan banyaknya link atau tautan keluar ke blog/ website lain maka para pengguna akan meninggalkan situs mereka.
Padahal pikiran mereka yang ibarat itu yaitu salah besar, alasannya yaitu dengan menunjukkan tautan keluar kesitus lain yang bermanfaat maka user atau pengguna akan beranggapan bahwa situs/ blog kita benar-benar bermanfaat.
Bahkan ini merupakan faktor SEO penting yang juga di hitung oleh Google. Kita setidaknya memasukkan 2-4 Link Keluar/ Tautan Keluar per 1000 kata.
Tips : Hubungkan selalu ke situs yang mempunyai otoritas yang lebih tinggi.
7. Bold, Italic dan garis bawah kata kunci
Plugin SEO terbaru merekomendasikan kita untuk mem Bold, Italic, dan menggarisbawahi kata kunci sasaran setidaknya satu kali.
Walaupun masih banyak kontradiksi dari para jago SEO, namun cara ini tidak ada salahnya kita lakukan setidaknya untuk satu kali kata kunci target.
8. Sertakan Kata Kunci dalam 100 kata pertama
Plugin SEO wordpress SEOPressorV5 merekomendasikan untuk memasukkan kata kunci sasaran kita dalam 100 kata pertama didalam artikel postingan.
Blogger pemula dan banyak blogger menengah selalu menciptakan kesalahan ini.
Mereka memulai postingan mereka dengan memasukkan dan memperkenalkan kata kunci sasaran mereka pertama kali di tengah postingan.
Saya juga terkadang masih melupakan hal ini, dan melalui artikel ini saya ingin berguru dan selalu mengingatkan saya akan pentingnya faktor SEO yang satu ini.
Dengan menyisipkan dan meletakkan kata kunci sasaran didalam 100 kata pertama, akan membantu Google untuk mengetahui isi keseluruhan konten kita yang lainnya.
9. Sertakan Kata Kunci dalam 100 kata terakhir
Selain di dalam 100 kata pertama, Plugin SEO Wordpress SEOPressorV5 juga merekomendasikan untuk memasukkan kata kunci sasaran kita di 100 kata terakhir didalam artikel postingan kita.
Hal Ini juga yaitu sesuatu yang kebanyakan blogger tidak lakukan tapi yakinlah "it's work".
Dengan menyisipkan dan memasukkan kata kunci sasaran didalam 100 kata terakhir postingan akan menunjukkan hasil yang lebih baik. Karena hal ini sanggup membantu Google dalam memahami wacana apa dari keseluruhan isi konten postingan kita.
10. Judul harus berada di bawah tag h1
Faktor SEO untuk setiap tema WordPress sudah memakai judul didalam tag h1.
Kita juga harus memakai dan menyertakan kata kunci dalam h2 dan h3 serta heading juga.
Ini akan meningkatkan kinerja postingan kita.
11. Waktu Pemuatan Laman Blog/ Web
Semua pengguna atau user ingin kecepatan suatu website atau Blog harus cukup cepat sehingga tidak membuang waktu mereka secara sia-sia, dikarenakan loading/ render Blog yang lamban.
Penelitian terbaru menemukan bahwa 47% pengunjung mengharapkan situs web dimuat dalam waktu tidak lebih dari 2 detik.
Saya pribadi tidak berbelanja di Bhinneka alasannya yaitu hampir disetiap kunjungan, saya selalu mendapati loading web yang cukup lama.
Kecepatan situs kita harus masuk akal, dan tidak membutuhkan waktu lebih dari 3 detik.
Pada tahun 2010, Matt Cutts tidak menganggap kecepatan loading situs atau Blog memainkan peranan penting dalam SEO, namun di tahun 2016 kondisinya sudah berubah, Google menganggap kecepatan render/ loading halaman Blog sangat penting.
Karena itu, sejak tahun 2015 Google telah memperkenalkan AMP (Accelerated Mobile Page), Apple dengan Apple News nya dan Facebook pun tidak mau ketinggalan ingin berperan penting dalam kecepatan memuat laman web/ Blog dengan Artikel Instannya.
Kamu bisa menilik kecepatan situs kau dengan menggunakan Pingdom Website Speed Test,
atau dengan GTmetrix.
Akhirnya, dengan mengurangi waktu loading atau render situs atau blog sanggup membantu peringkat blog di search engine menjadi lebih baik lagi.
Sehingga dengan sendirinya akan meningkatkan trafik organik blog kita di search engine.
12. Menambahkan Kata-kata Pemikat di Judul
Menambahkan kata-kata ibarat "2018", "Terbaik", "Tercepat", "Top", "review", dan "Cara" serta kata-kata yang sanggup membangkitkan rasa ingin tahu pengunjung sanggup membantu menarik lebih banyak pengunjung ke situs atau blog kita.
Kata-kata inilah yang sebagian besar pengunjung coba cari di web/ internet.
Mereka selalu menginginkan beberapa panduan terbaik dan paling terbaik untuk topik apa pun. Penambahan kata ini bertindak sebagai pendukung dalam kata kunci ekor panjang atau "Long Tail Keyword".
13. Pentingnya Tombol Sharing Sosial Media
Tombol mengembangkan ke sosial media bergotong-royong tidak mempunyai tugas penting dalam membawa situs atau blog kita ke halaman pertama google.
Namun demikian, membagikan postingan kedalam media umum secara pribadi akan meningkatkan kemudian lintas atau trafik blog kita.
Saya juga memakai tombol sharing media umum untuk mendapat kemudian lintas secara langsung.
14. Panjang Artikel / Postingan
Google bergotong-royong menyukai konten yang mendetail.
Jika kita melaksanakan studi masalah dari 10 hasil pencarian teratas Google search engine, dan kalau kau melihat artikel saya rata-rata semuanya berjumlah lebih dari 2000 kata dan diurutkan dengan baik di mesin pencari.
Saya sangat menyarankan semoga kau menulis postingan/ artikel minimal 2000 kata, postingan yang lebih panjang dan detail serta bermanfaat, akan bertahan lebih usang di SERP Google.
15. Kurangi Rasio Pentalan/ Bounce Rate
Rasio Pentalan adalah waktu rata-rata pengunjung ketika membuka dan melihat dan membaca web/ blog kita yang dinyatakan dalam persentase.
Semakin besar persentase Rasio Pentalan/ Bounce Rate kita maka kualitas web/ blog kita dinilai google semakin buruk.
Jadi ketika pengunjung tiba ke situs atau blog kita dan kemudian segera meninggalkannya, ini menjadikan persentase rasio pentalan kita tinggi.
Banyak faktor yang mengakibatkan mengapa rasio pentalan/ bounce rate kita tinggi, namun ada trik yang sanggup kita lakukan dalam hal mengurangi rasio pentalan situs atau blog kita.
Triknya sebagai berikut, yakni dengan mengaitkan kedalam artikel kita sendiri.
Ya, Internal Link, yang di letakkan diawal postingan/ artikel sanggup membantu kita dalam mengurangi tingkat bouncing atau tingkat pentalan.
Orang selalu membaca beberapa paragraf diawal artikel sebelum benar-benar meninggalkan situs atau blog kita.
16. Kepadatan Kata Kunci dan Sinonim Kata Kunci (LSI Keyword)
Kepadatan kata kunci atau banyaknya kata kunci yang kita sertakan dalam artikel atau postingan kita umumnya disarankan 2-4% saja.
Untuk meningkatkan banyaknya kata kunci yang bisa kita masukkan kedalam artikel atau postingan, kita bisa memakai sinonim kata kunci atau LSI Keyword (Latent Semantic Indexing keyword)
LSI Keyword yaitu sinonim yang dipakai Google untuk menentukan relevansi halaman, atau hasil pencarian.
Disini kita sanggup menciptakan artikel yang panjang ibarat di saran saya di nomor 14 tadi, dengan memakai lebih banyak kata kunci sinonim atau LSI Keyword untuk dimasukkan kedalam lebih banyak jumlah kata yang terkait.
Karena saya terbiasa menulis postingan atau artikel panjang, jadi saya tidak terlalu begitu peduli dengan memakai LSI Keyword alasannya yaitu disaat kita menulis artikel atau postingan lebih dari 2000 kata, tanpa kita sadari kita telah menyertakan kata kunci turunan/ LSI keyword secara otomatis.
Bagi pengguna wordpress sanggup memakai Plugin SEOPressorV5 yang mempunyai kelebihan yakni menunjukkan saran LSI keyword dalam setiap postingan blog/ website.
Meningkatkan Trafik Organik dan Peringkat Blog Secara Cepat di Google Search Engine bisa dikatakan memerlukan keahlian khusus dan sedikit pengetahuan wacana SEO (Search Engine Optimization).
Namun, kalau kita menulis dan menciptakan artikel atau postingan yang isinya bermanfaat bagi pengguna atau orang banyak, saya pastikan dan saya jamin, artikel/ postingan anda niscaya berada dihalaman pertama google search engine, tanpa kita perlu pusing memikirkan SEO.
Demikianlah dari saya, semoga bermanfaat.