Strategi Seo Dasar (Search Engine Optimization Basic) - Untuk Pemula

SEO (Search Engine Optimization) ialah cara mempromosikan website atau blog melalui search engine.

Karena hampir semua pengguna internet yang ingin mengetahui dan mencari sesuatu di internet akan memulainya dengan mencari di Search Engine, ibarat di: Google, Bing atau Yahoo. 

Search Engine ialah salah satu metode paling umum yang dipakai oleh pengguna internet dalam menemukan dan mengetahui keberadaan dari blog/ website kita, sesudah itu gres dari media-media sosial. 

Untuk itu, peringkat blog/ web di dalam search engine dengan kata kunci/ keyword yang strategis sangat penting dalam keterlihatan dan ditemukannya situs web/ blog kita. 

Pengguna internet ingin mencari dan mengetahui informasi tertentu di internet, dengan mencari di search engine dan memakai kata kunci tertentu, dan hasil pencarian diperingkat teratas search engine menampilkan situs web/ blog kita, sehingga pengguna akan membuka dan risikonya menuju situs web/ blog kita, sesederhana itu.
 ialah cara mempromosikan website atau blog melalui search engine Strategi SEO Dasar (Search Engine Optimization Basic) - Untuk Pemula

Strategi SEO Dasar Untuk Pemula


Mendapatkan trafik secara alami dan terus menerus ke situs web/ blog kita dari pengguna yang menemukan situs web atau blog kita di search engine, dan itulah yang disebut dengan "penelusuran organik". 

Hal ini terjadi dikala situs web kita menerima peringkat tinggi dalam hasil pencarian, lantaran search engine menganggap bahwa situs web/ blog kita tadi untuk kata kunci yang dipakai oleh pengguna dalam mencari suatu informasi diinternet, dianggap relevan dan sesuai untuk kata kunci tersebut serta berisi informasi yang bermanfaat oleh search engine, sehingga blog/ web kitalah yang ditampilkan diperingkat teratas. 

Karena mempunyai dampak yang sangat besar terhadap perkembangan blog/ web, maka SEO bisa dibilang ialah salah satu taktik pemasaran jangka panjang terbaik untuk situs web/ blog kita. 

Namun, untuk menguasainya tidaklah mudah, membutuhkan waktu dan mengikat sumber daya yang banyak sebelum kita benar-benar mendapatkah hasilnya secara signifikan. 

Namun, mempelajari dan menerapkan SEO berarti kita telah menanamkan investasi jangka panjang yang akan mempunyai laba yang besar kedepannya bagi perkembangan blog/ web kita. 

Karena trafik yang konstan ke situs web atau blog kita yang relevan dan tidak bergantung pada pengiklanan (gratis). Dengan mengetahui dan menerapkan SEO yang benar itulah yang bisa membantu kita dalam menggapainya. 

Tertarik? Mari kita mulai.

Memulai SEO


Pertama kali yang harus anda pikirkan ialah apa yang anda ingin dan harapkan dari SEO. Tentukan tujuan yang ingin anda capai dari penerapan teknik SEO tersebut ibarat bagaimana tujuan awal anda dalam memulai sebuah web/ blog serta aktifitas yang anda lakukan dari pengembangan web/ blog tersebut. 

Tujuan dari praktik SEO tidak lain dan tidak bukan ialah biar supaya situs web atau blog anda terdaftar di halaman pertama hasil pencarian (search engine). 

Pengguna internet dikala berselancar di internet dan dalam mengetahui serta mencari suatu informasi diinternet, sangat jarang melewati halaman pertama dari hasil pencarian search engine.

Sehingga tujuan utama Anda harusnya ialah tampil dalam sepuluh besar dari hasil pencarian, atau bahkan diperlukan lebih dari itu, bisa dalam lima hasil teratas (lima besar) "GOAL" nya peringkat pertama hasil pencarian search engine. 

Namun, perlu anda ingat, bahwa yang dimaksud dengan hasil pencarian tadi ialah hasil pencarian dengan kata kunci/ keyword yang "spesifik", sehingga mengidentifikasikan serta menentukan kata kunci strategis akan menjadi kepingan utama dari taktik praktik SEO yang Anda terapkan.

Rekomendasi praktik taktik SEO yang akan kita pelajari ini bukan berarti akan mengakibatkan anda spesialis SEO, lantaran kita mustahil menguasai semua praktik taktik SEO dikala ini.

Hanya dengan satu artikel postingan saja, bahkan untuk postingan yang saya buat ini, yang secara khusus membahas topik praktik taktik SEO, tidaklah cukup untuk mengakibatkan Saya spesialis SEO. 

Tujuan dari artikel ini ialah untuk membiasakan Anda dengan praktik SEO yang kondusif dan efektif, sehingga Anda bisa menjadi pemilik blog/ situs web yang mempunyai kemampuan dasar dari praktik SEO yang kondusif dan efektif.

Anda mustahil mengharapkan hasil yang cepat dengan hanya mempelajari sebagian kecil dari ilmu SEO yang sangat luas dan kompleks ini.

Akan tetapi setidaknya apa yang akan anda pelajari (yang saya pelajari juga) akan memperlihatkan pemahaman untuk anda bagaimana praktik dasar taktik SEO yang kondusif dan efektif dalam perkembangan web/ blog yang anda kelola. Kecuali jikalau Anda mempunyai tim andal SEO yang berdedikasi.

Dasar-dasar Search Engine Yang Harus Anda Ketahui


Sebelum kita menyelam lebih dalam wacana taktik SEO, kita harus meninjau ulang dan mengetahui dasar dari search engine dan bagaimana mereka bekerja. Tanpa pengetahuan dasar ini, akan sangat sulit bagi Anda untuk memahami taktik SEO yang akan kita pelajari ini.

Berbicara wacana search engine, hampir semua orang niscaya akan eksklusif merujuk kepada Google, Bing dan Yahoo. 

Tiga besar search engine ini mewakili lebih dari 90% pencarian online dari seluruh dunia. Namun, walaupun begitu, ada beberapa search engine yang menjadi search engine utama dan mempunyai pangsa pasar yang besar dinegara-negara tertentu, contohnya China. 

Di China, search engine Baidu merupakan mesin pencari paling banyak dipakai dinegara ini, namun jikalau dilihat secara global, ketiga search engine tadi, Google, Bing dan Yahoo ialah rajanya mesin pencari/ search engine dunia.

Akan tetapi, dari ketiga search engine tadi, yang menjadi rajanya atau istilahnya "King of the King" dari search engine tersebut ialah Google. 

Dan apa yang menciptakan Google bisa menjadi begitu terkenal ialah lantaran Goole merevolusi industri mesin pencarian (search engine) dengan memakai link popularitas untuk mengukur relevansi konten. Metode ini terbukti sangat efektif, dan mengakibatkan Google sebagai rumahnya "kata". 

Dan lantaran dari 90% search engine yang dipakai didunia ialah ketiga search engine diatas, dengan lebih dari 2/3 nya diwakili oleh Googel, maka untuk itu, kita akan fokus pada Google Search Engine, dalam mempelajari dan menentukan praktik taktik SEO blog/ web kita.

Cara kerja Google Search Engine


Situs web hingga hari ini terdiri dari triliunan website yang terdiri: lebih dari 75 triliun situs web/ blog individu, dan jumlah ini terus bertambah setiap harinya. 

Google (dan search engine lainnya) bekerja dengan cara menjelajahi/ merayapi Web, mengikuti link dari halaman ke halaman. 

Memang benar pemilik situs/ blog sanggup meminta Google untuk merayapi (Crawl) blog mereka, namun Google juga sanggup melaksanakan itu sendiri.

Bahkan lebih baik lagi, jadi walaupun kita telah meminta Google untuk merayapi (Crawl) blog/ web kita tidak konten postingan kita akan selalu dan berada di peringkat teratas Google search engine.

Google mengurutkan halaman berdasarkan konten nya (dan berdasarkan ratusan faktor lainnya), serta mengelola data ini yang kemudian kita sebut dengan "indeks". Indeks ialah database besar Google dari semua meta-data di Web. 

Ketika kita mencari sesuatu, Google memakai sejumlah kegiatan dan rumus (yang dikenal dengan algoritma google search engine) untuk menentukan apa yang kita coba cari dan temukan, dengan melihat ejaan, autocomplete, sinonim, dan banyak lagi. 

Berdasarkan petunjuk ini, Google akan menarik halaman web yang relevan dari indeks google. 

Kemudian Google peringkat hasilnya dengan memakai lebih dari 200 faktor, ibarat kualitas konten, kesejukan konten, dan sebagainya untuk memperlihatkan hasil yang paling sesuai dan relevan (cocok) bagi pengguna (user).

Pentingnya peringkat search engine


Berbicara wacana search engine optimization (SEO), biasanya mengacu pada peningkatan SERP peringkat situs web/ blog. 

SERP yakni kependekan dari "Search Engine Results Page" yakni halaman hasil pencarian Search Engine, yang merupakan daftar halaman dari hasil pencarian oleh mesin pencari dalam menanggapi seruan kata kunci/ keyword yang dituliskan oleh pengguna di google search engin. 

Peringkat tertinggi pada halaman pencarian tersebut ialah merupakan "Hadiah Utama", dan SEO ialah proses cara mendapatkan "Hadiah Utama" tadi.

Pengguna internet dikala berselancar dan mencari sesuatu di internet dengan search engine memakai kata kunci tertentu, sangat jarang melewati halaman pertama hasil dari pencarian google search engine. 

Paling-paling hanya hingga pada halam ketiga, apalagi halaman-halaman berikutnya. Perhatikan distribusi trafik berikut di Google Search engine berdasarkan posisi di hasil penelusuran:

Pada sebuah studi di tahun 2011 kemudian oleh Slingshot SEO mengungkapkan bahwa rasio klik-tayang untuk peringkat teratas google search engine adalah:
  • Posisi # 1 mendapatkan 18,2%.
  • Posisi # 2 mendapatkan 10,1%.
  • Posisi # 3 mendapatkan 7,2%.
  • Posisi # 4 mendapatkan 4,8%,
  • Sisanya mendapatkan dibawah 2%.

Sedangkan pada sebuah studi tahun 2017 ini oleh IgniteVisibility, mengungkapkan bahwa rasio klik-tayang untuk peringkat teratas google search engine adalah:

Strategi SEO Dasar


 ialah cara mempromosikan website atau blog melalui search engine Strategi SEO Dasar (Search Engine Optimization Basic) - Untuk Pemula
  • Posisi # 1 - 20,5%
  • Posisi # 2 - 13,32%
  • Posisi # 3 - 13,14%
  • Posisi # 4 - 8,98%
  • Posisi # 5 - 9,21%
  • Posisi # 6 - 6,73%
  • Posisi # 7 - 7,61%
  • Posisi # 8 - 6,92%
  • Posisi # 9 - 5,52%
  • Posisi # 10 - 7,95%

Itu sebabnya peringkat tinggi dalam hasil pencarian sangat penting. Jika situs web Anda berada di peringkat # 57 untuk kata kunci tertentu, maka sudah sanggup dipastikan, tidak ada yang bisa menemukan blog/ web anda. 

Peringkat yang rendah sama ibarat tidak mempunyai peringkat sama sekali, dengan kata lain tidak terlihat oleh pengguna, lantaran tidak terlihat maka tentu saja blog/ web kita sepi pengunjung.

Karena itulah SEO itu hadir, semua demi wacana memperbaiki posisi peringkat blog/ web kita di hasil penelusuran google search engine, dengan kata kunci spesifik dan kata kunci penting pastinya.

Cara Google merangking website


Google memakai lebih dari 200 kriteria untuk menentukan peringkat halaman web untuk setiap kata kunci. 

Algoritma mesin pencari dijaga ketat, selalu berkembang dan diupdate sepanjang waktu, lantaran banyak ahli-ahli pemasaran dan profesional SEO yang mencoba merekayasa dan memengaruhi peringkat dan hasil pencarian google. 

Salah satu faktor penting yang bangun di atas segalanya ialah link popularity (backlink). Dan inilah yang menciptakan Google menjadi ibarat kini ini. 

Tautan popularitas mengukur jumlah situs web lain yang relevan yang terhubung dengan situs web/ blog kita. Dengan kata lain, semakin banyak situs-situs lain yang terhubung dengan situs Anda, semakin tinggi kemungkinan peringkatnya. 

Namun, dengan algoritma google yang terbaru kini ini, link popularity atau backlink, bagi sebagian besar blogger/ andal SEO menganggap backlink tidak lagi menjadi faktor utama yang menjadi tolak ukur dalam merangking hasil pencarian google search engine.

Akan tetapi berdasarkan apa yang telah saya lakukan, backlink masih sangat berperan penting dan masih menjadi salah satu faktor utama dalam merangking sebuah blog/ situs web, selama link yang menuju situs web/ blog kita relevan dan alami.

Ketika situs web lain yang relevan dan terhubung dengan situs web Anda secara alami, Google melihatnya sebagai sinyal bahwa ada sesuatu yang berharga di situs Anda. 

Bila Anda mempunyai beberapa situs web yang mempunyai popularity yang tinggi yang diukur dari nilai Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA) yang terhubung dengan situs web/ blog Anda secara alami dan relevan, Google meringkas tautan ini sehingga semakin banyak tautan relevan dan mempunyai popularity tinggi yang Anda dapatkan, semakin baik juga posisi SERP dan popularity blog/ situs web kita. 

Namun, tidak semua link dihitung oleh Google dengan nilai sama, link yang paling berharga berasal dari situs web yang mempunyai popularitas tautan yang tinggi juga. Jika situs web yang popularity tinggi terhubung dengan situs Anda, maka situs tersebut akan memperlihatkan popularity mereka ke situs web/ blog Anda.

Cara Google Menentukan Kata Kunci


Semuanya dimulai dengan kata kunci. Seseorang mengetikkan kata kunci ke dalam kotak pencarian dan mendapatkan segudang hasil. 

Kita sudah berbicara wacana pentingnya peringkat tinggi, tapi lantaran hasil pencarian ialah kata kunci-spesifik, bagaimana Google mengetahui kata kunci mana yang terkait dengan halaman situs Anda?

Google menganalisa isi situs web/ blog Anda untuk menentukan kata kunci. Ini terlihat pada teks di situs web Anda, judul halaman (postingan), sub-sub judul, navigasi dan bahkan nama file gambar dan dokumen Anda. 

Selain itu, Google juga melihat kata kunci dari situs yang terhubung dengan situs web/ blog Anda.

Jika situs web ini terkait atau mempunyai konten serupa, Google menganggap tautan ini sebagai bunyi kepercayaan untuk kata kunci tertentu. 

Inilah sebabnya mengapa tautan terkait dan relevan dari situs web biasanya lebih baik daripada tautan yang tidak terkait dan tidak relevan dengan konten blog/ situs web anda.

Cara Google Meningkatkan Kualitas Search Engine nya


Google bertekad untuk meningkatkan kualitas dan relevansi hasil pencariannya secara terus menerus. Dan inilah yang dilakukan oleh google atas semuanya. 

Google melihat ada yang mencoba menipu sistem dan algoritma mereka dan menganggapnya sebagai ancaman. 

Konten yang menipu, rendah atau tidak relevan, tidak sesuai dengan visi Google wacana pengalaman pengguna yang baik, mengakibatkan google terus menerus melawan spam dengan mendevaluasi (deindex) dan menghapus situs web yang menghasilkan konten jelek atau mencoba memanipulasi sistem mereka.

Google secara terbuka melawan hal-hal berikut dan mengkatagorinya sebagai jenis spam: 
  1. Backlink yang tidak wajar/ tidak alami
  2. Situs web yang diretas, 
  3. Menampilkan konten yang berbeda ke mesin telusur/ search engine
  4. Konten dengan sedikit atau tanpa nilai tambah, 
  5. Domain terparkir, 
  6. Teks tersembunyi, 
  7. Isian kata kunci dan banyak lagi.

Seperti yang sanggup Anda lihat, Google melaksanakan banyak hal untuk menjaga kualitas dan relevansi hasil penelusuran google search engine mereka, dan Anda harus menerapkan prioritas yang sama ibarat google untuk situs web/ blog Anda. 

Strategi SEO yang paling efektif dan kondusif ialah bermain sesuai peraturan.

Istilah-istilah SEO Penting yang Harus Anda Ketahui


SEO bisa wacana duduk masalah teknis, dan istilah-istilah yang terpisah meliputi istilah-istilah yang mungkin tidak biasa dan tidak pernah anda dengar sebelumnya. 

Anda akan melihat beberapa istilah-istilah ini nanti di postingan ini. Berikut ialah beberapa rujukan cepat untuk beberapa istilah-istilah teknis SEO untuk Anda ketahui:
  1. Link Popularity (Link Juice) – Kredibilitas suatu halaman web melalui link halaman web lain.
  2. PageRank – Metrik Google untuk mengukur popularitas tautan dari laman web yang dinamai dari nama co-founder Google: Larry Page. PageRank diukur dengan angka pada skala 1 hingga 10. Namun kini PageRank tidak lagi menjadi tolak ukur, bahkan kini tidak lagi digunakan.
  3. MozRank - Metrik alternatif dalam mengukur popularitas suatu halaman web. Dikelola oleh MOZ (alat ukur SEO) dengan skala 1 hingga 100. 
  4. Domain Authority (DA) – Metrik lain yang dikelola oleh MOZ yang mengelola dapat dipercaya seluruh domain (situs web) pada skala 1 hingga 100. 
  5. Page Authority (PA) - Metrik lain yang juga dikelola oleh MOZ yang merupakan citra rangking pada website maupun blog yang dilihat atau ditemukan di mesin pencarian pada skala 1 hingga 100.
  6. SERP – Search Engine Results Page, Halaman Hasil Pencarian Search Engine ialah halaman daftar hasil yang dikembalikan oleh mesin pencari sebagai balasan atas seruan kata kunci dari pengguna. 
  7. Inbound Links – Tautan dari situs web pihak ketiga lainnya ke situs web Anda.
  8. Internal Links – Tautan dari dalam situs web Anda sendiri yaitu, satu halaman situs web Anda terhubung ke halaman lain di situs Anda sendiri. 
  9. Anchor Text – Mengacu pada teks yang terlihat di dalam tautan yang menjelaskan konten yang ditautkan. Misalnya jikalau link tersebut mengatakan: Praktik Teknik Dasar SEO, kemungkinan konten yang tertaut ialah wacana Praktik Teknik Dasar SEO yang artinya relevan.
  10. Link Bait (Link Magnet)/ Umpan Tautan -  Konten yang dirancang untuk mendorong orang lain biar menautkannya dari situs web lain dengan menambahkan dapat dipercaya tautan dan keseluruhan manfaat SEO. 
  11. Trackback (Pingback) - Jenis komentar yang dibentuk dikala posting blog Anda ditautkan dari situs lain.
  12. Authors Rank/ Peringkat Penulis – Sistem kepengarangan untuk memberi peringkat pada kualitas konten yang terkait dengan profil Google Plus (Pengarang konten). Google kini melacak pengarang konten dan peringkatnya terutama disusun berdasarkan angka +1 dan kepingan konten yang Anda tulis. 
  13. Publisher Rank/ Peringkat Penayang - Serupa dengan Peringkat Penulis, namun hanya untuk bisnis di Google+.

Demikian taktik SEO dasar yang harus diketahui oleh blogger pemula, kemudian akan kita lanjutkan mengenai kesalahan-kesalahan SEO yang mesti dihindari dalam menjalankan praktik taktik dasar SEO untuk pemula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel