Dasar-Dasar Seo - Panduan Praktik Teknik Dasar Seo Terbaik Untuk Pemula

Dalam dunia blogging, hampir semua blogger niscaya mengetahui apa itu SEO, jadi saya tidak harus menjelaskan lagi apa yang dimaksud dengan SEO itu. 

Pada dasarnya SEO sanggup dikatakan sangat penting dalam perkembangan dari Blog/ Situs kita.

Karena biar bagaimanapun, artikel dari blog yang kita posting pastinya dibaca terlebih dahulu oleh Robot Mesin Telusur atau Search Engine. 

Yang walaupun kemudian nantinya, perkembangan dari artikel yang kita posting akan bertahan usang atau tidak di peringkat atas hasil pencarian search engine tergantung dari hasil "user exsperience". 

Artinya jikalau artikel kita bermanfaat dan mempunyai nilai lebih bagi pembaca atau pemirsa, serta tingkat bounch rate yang rendah berarti artikel dari blog kita mempunyai user experience yang baik, dan niscaya akan kuat bertahan di SERP atau Search Engine Rank Page (peringkat hasil pencarian search engine). 
 hampir semua blogger niscaya mengetahui apa itu SEO Dasar-dasar SEO - Panduan Praktik Teknik Dasar SEO Terbaik untuk Pemula


Dasar-dasar SEO


Namun demikian, tidak semua blogger memperhatikan atau peduli dengan SEO, bahkan ada blogger yang anti SEO, sebab berdasarkan pendapat mereka SEO itu sangat memusingkan dan terlalu banyak ketidakpastian.

Dan lagi berdasarkan pengalaman mereka tanpa memperhatikan dan mempraktekkan teknik-teknik SEO kedalam postingan blog mereka, tetap saja artikel yang mereka posting berada di peringkat atas dihasil pencarian search engine terkemuka semisal Google, Bing, Yandex dan sebagainya. 

Namun, walaupun demikian jikalau kita ingin perkembangan blog kita semakin meningkat setiap waktunya serta mempunyai reputasi serta peringkat yang baik di Search Engine, setidaknya kita harus mengetahui teknik dasar dari SEO. 


Sehingga dalam prakteknya nanti, ketika kita membuat sebuah postingan blog, kita tidak lagi asal buat dan asal posting. Karena SEO berkembang seiring perkembangan dari Algoritma Search Engine itu sendiri.

Dalam hal ini, saya bukanlah orang yang tidak/ atau anti atas SEO dan juga bukan lah orang yang selalu memperhatikan SEO juga. Saya berguru SEO sejalan dengan perkembangan blog saya. 


Pertama kali saya mendalami dunia Blogging, saya sama sekali tidak mengetahui apa itu SEO, namun seiring perkembangan blog ini, bertahap saya mulai memahaminya.

Bahwa teknik dasar dari SEO memang sangat penting dan harus diketahui oleh seorang Blogger Pemula menyerupai saya, dan untuk tahap selanjutnya sanggup kita pelajari seiring dengan perkembangan blog kita nantinya.

Dalam membuat sebuah postingan blog, kita harus selalu merancang terlebih dahulu konten yang akan kita buat, kemudian kemudian gres kita praktik teknik dasar dari SEO tadi. 


Apa yang akan saya bagikan ini, yaitu berdasarkan apa yang saya pelajari selama saya menggeluti dunia Blogging, dan mungkin ajaran yang nanti akan saya sampaikan mungkin dampak yang dihasilkannya tidak terlalu besar atau cepat menyerupai yang kita harapkan. 

Yakni peringkat blog kita secara individu, sebab intinya mesin telusur ternama semacam Google, memakai lebih dari 200 faktor dalam memberi peringkat pada sebuah situs web/ blog bahkan bertambah semakin cepat dan semakin banyak lagi.

Peringkat postingan blog kita akan sangat besar lengan berkuasa dari jumlah visitor yang akan berkunjung ke blog kita nantinya.


Sehingga semakin baik teknik SEO yang kita terapkan maka semakin baik pula posisi SERP kita di search engine, dan tentu saja akan semakin meningkat pula jumlah visitor yang akan mengunjungi blog kita. 

Dan pada alhasil akan meningkatkan penghasilan kita baik dari hasil penjualan produk secara eksklusif maupun dari hasil monetisasi blog itu sendiri. Jadi, mari kita mulai!

Panduan Dasar Praktek Teknik SEO Terbaik Untuk Pemula:

Mempersiapkan Konten/ Artikel Postingan yang Baik

Setiap halaman postingan yang akan kita optimalkan harus mempunyai sasaran kata kunci (keyword), dan setiap kata kunci/ keyword yang kita pilih harus mewakili halaman khusus yang dioptimalkan darinya. 

Halaman postingan blog/ konten yang secara khusus kita fokuskan dan dedikasikan pada suatu topik yang sama. 

Karena Search Engine tidak menunjukkan dan menentukan peringkat situs web/ blog dari nama situs atau keseluruhan situs/ blog kita, akan tetapi memberi peringkat pada halaman artilel atau konten postingan blog. 

Jadi, pastikan kita mempunyai satu halaman untuk konten postingan per topik yang fokus pada grup kata kunci/ keyword tertentu pada topik tersebut.
Setiap halaman yang akan kita optimalkan harus mempunyai kata kunci yang mudah, dan setiap kata kunci yang kita pilih harus mempunyai artikel atau konten postingan khusus yang dioptimalkan dari keyword tersebut
Pada ketika membuat sebuah konten/ artikel, buatlah terlebih dahulu di Notepad atau Word Processor. 

Tulislah artikel anda sesuai dengan apa yang anda kuasai dan sukai, dan fokuslah pada pemirsa/ pembaca anda. 

Dengan kata lain, lupakan terlebih dahulu teknik SEO, jangan terlalu fokus pada SEO, namun fokus lah pada pembaca. 

Buatlah konten/ artikel yang terbaik untuk membuat halaman postingan yang menunjukkan informasi yang bagus, mempunyai nilai lebih dan bermanfaat bagi pembaca mengenai topik yang akan anda bahas. 

Luangkan waktu anda dengan membuat sedikit studi kasus, dengan cara membaca dan meneliti blog atau situs lain yang membahas topik yang serupa dengan anda, yang berada di peringkat teratas search engine.

Posisikan diri anda sebagai sebuah Robot Mesin Pencari (Robot Google), yang dalam hal ini membaca konten/ artikel sebuah postingan dengan algoritma yang telah ditanamkan kepada robot search engine tersebut. 


Yang artinya, teliti dan ketahui bagaimana sebuah mesin pencari (google search engine) membaca dan menampilkan hasil pencarian di mesin pencari. 

Kemudian periksa detail dari halaman postingan artikel blog yang se topik dengan yang akan kita buat yang ditampilkan dari hasil pencari google tadi. Seperti:
  • Judul Postingan 
  • URL Postingan/ URL Artikel nya 
  • Deskripsi dari postingan nya, dan sebagainya.

Setelah melihat detail postingan blog dari hasil pencarian google yang setopik dengan kita, kemudian kita sanggup meningkatkan konten/ artikel kita dengan menunjukkan beberapa kutipan atau embel-embel didalam artikel/ konten dengan memperhatikan:

  1. Tren ketika ini
  2. Studi kasus 
  3. Kutipan dari pakar 
  4. Ulasan atau bahan lain yang akan membantu mendukung isi atau pesan dari konten/ artikel kita nantinya.

Jadi pertama kali dalam membuat sebuah artikel/ konten, fokuslah pada pembaca, kemudian lihat situs/ blog lain yang berada di peringkat pertama hasil pencarian google yang setopik dengan kita, kemudian teliti dan pelajari detail hasil pencarian google search engine, dan menambahkan kutipan-kutipan yang akan membantu dan mendukung isi atau pesan dari konten/ artikel yang kita posting.

Jangan terlalu fokus pada SEO. Fokus pada pembaca dan kemudian cari cara untuk mengoptimalkan konten Anda
Setelah selesai membuat sebuah konten/ artikel, dan melaksanakan penelitian serta studi kasus terhadap topik artikel yang kita buat dengan melihat artikel dari blog lain yang se topik dengan kita dan tanpa memperhatikan SEO terlebih dahulu tapi lebih memperhatikan impian dan kebutuhan dari pembaca, gres kemudian fokus pada teknik dasar SEO. Yakni:


Tag Header


Tag Header (<h1>, <h2>, <h3>, dan seterusnya) harus dipakai sebagai penanda dan pemisah dari konten/ artikel postingan blog kita. 

Yang terutama yaitu Tag <h1>, yang harus dipakai untuk semua judul halaman dan yang terpenting yaitu sangat penting untuk dimasukkan kata kunci sasaran artikel untuk postingan blog tersebut. 

Namun untuk tag Judul <h1> ini di templates-templates kini yang banyak dijual, apalagi templates blog yang responsif, mobile friendly dan telah SEO Friendly telah membuat judul dari postingan kita menjadi tag header/ judul <h1> secara otomatis.

Kita tinggal menanamkan kata kunci (keyword/ kw) sasaran untuk postingan artikel kita saja di judul postinga. Namun, walaupun demikian, kita cukup menanamkan hanya satu kali saja.

Lalu kemudian di dalam artikel, sub judul dan sub sub judul lainnya kita sanggup memasukkan tag <h2> dan <h3> dan seterusnya. 


Seperti dalam artikel ini, untuk sub judul diatas yakni "Panduan Dasar Praktek SEO Terbaik Untuk Pemula:" saya memakai tag <h2> dan untuk sub judul "Mempersiapkan Artikel Postingan yang Baik" saya memakai tag <h3> begitu juga dengan sub judul Tag Header. 

Kita  sanggup menyertakan beberapa kata kunci turunan dari kata kunci sasaran utama kita, namun jangan hingga berlebihan, sebab algoritma google yang kini akan menganggap sebuah artikel yang didalamnya terdapat banyak kata kunci yang sama, akan dianggap sebagai SPAM.

Anda sanggup memakai sajian dari Blogger.com yakni:

 hampir semua blogger niscaya mengetahui apa itu SEO Dasar-dasar SEO - Panduan Praktik Teknik Dasar SEO Terbaik untuk Pemula
  1. Heading (tag <h2>) 
  2. Sub heading (tag <h3>) 
  3. Minor Heading (tag <h4>) 
  4. Normal

Untuk sub-sub judul konten/ artikel postingan blog kita.



Buat Tag TITLE yang Efektif dan Bernuansa Clickbait


Tag judul konten/ artikel postingan(<title>) sama pentingnya bagi robot mesin pencari dan juga pengunjung/ pemirsa situs web/ blog. 

Karena Judul Artikel Postingan ini lah yang ditampilkan di hasil pencarian browser pengguna, dan yang disimpan ketika mem bookmark halaman postingan dan yang ditampilkan di hasil pencarian. Mesin pencari juga melihat judul untuk menentukan subjek dari postingan blog.

Untuk memaksimalkan praktek dasar SEO Tag Title atau Judul Postingan, lakukan hal-hal berikut:

1. Letakkan kata kunci/ keyword sasaran penting di awal judul. Mesin pencari akan menentukan nya untuk mendapat peringkat dan akan menampilkan kata kunci tersebut yang tulisannya ditebalkan (bold) di hasil pencarian.

2. Gunakan Nama Merk Blog/ Branding Blog di judul. Hal ini dilakukan dengan maksud membuat/ membuat branding dari blog kita biar gampang diingat oleh user/ pengguna sehingga memudahkan pengguna untuk kembali lagi ke blog kita. Dengan begitu, akan sanggup meningkatkan pengunjung dari blog kita, sebab mereka telah mengenali merek kita. Selain memudahkan pengunjung/ pemerisa mengingat nama blog kita, juga akan meningkatkan reputasi dari blog kita, sebab pengguna jikalau mencari di mesin pencarian, cukup dengan mengetik keyword dari brand/ merk/ Judul saja. Seperti contohnya Awam Bicara ini, didalam hasil laporan google analytic, dalam satu hari di google search engine ada beberapa kali hasil pencarian dengan kata kunci "Awam Bicara".

3. Perlakukan judul sebagai undangan bertindak (clickbait). Buatlah judul Artikel postingan blog kita lebih deskriptif dan lebih menarik lagi. Bahkan sebisa mungkin "gelitik" rasa ingin tahu (kepo) dari pengguna/ user untuk mengetahui lebih lanjut dari artikel atau postingan blog kita. Namun, sekali lagi disini jangan hingga kita membuat judul yang bertentangan dengan isi artikel, selain tidak baik untuk SEO dan Search Engine, juga tidak baik untuk user experience, yang terjadi malah situs/ blog kita akan mendapat reputasi buruk, dan akan meningkatkan bounce rate atau rasio pentalan dari blog kita.

4. Jaga biar judul Anda tetap pendek. Judul harus tidak lebih dari 60-75 huruf (sekitar 10-15 kata). Karena mesin pencari akan memotong judul yang mempunyai panjang lebih dari 60-75 karakter. Sebagian besar Sistem Manajemen Konten akan membuat tag judul secara default, namun kita sanggup memodifikasinya. Sesuaikan judul untuk semua halaman postingan dari blog dengan isi dari konten/ artikel.

Tip untuk tag <title>: Tempatkan kata kunci penting di potongan awal judul, gunakan nama merek/ membranding nama blog, pendek, dan tetap selaras serta menggambarkan isi artikel/ konten postingan blog/ web.


Membuat Meta Deskripsi


Pada mulanya, Meta tag atau Meta Deskripsi, dibentuk untuk membantu mesin pencari menyediakan segala macam informasi wacana konten/ artikel postingan blog/ web. 

Namun, kini search engine tidak lagi mengutamakan sebagian besar dari meta deskripsi ini. 

Misalnya, Meta Tag Keyword/ Meta Keyword kini tidak lagi menjadi faktor yang dipakai oleh google search engine dalam menentukan peringkat sebuah konten postingan blog. 

Bahkan sebenarnya, dengan menunjukkan Meta Keyword berarti kita menunjukkan informasi wacana kata kunci/ keyword sasaran blog/ web kita kepada web/ blog saingan kita.

Memang masih ada sebagian besar blogger yang beranggapan bahwa menunjukkan meta keyword masih sangat relevan dan mempunyai kegunaan untuk meningkatkan peringkat dari blog/ situs web di hasil pencarian google. 


Namun google sendiri telah menyatakan bahwa pertolongan meta keyword disebuah blog/ situs web tidak lagi besar lengan berkuasa terhadap hasil pencarian di google search engine. 

Yang masih mempunyai tugas penting dan efek besar terhadap peringkat hasil pencarian dari google search engine kini ini hanyalah Meta Deskripsi.

Memberikan meta deskripsi didalam setiap postingan blog akan besar lengan berkuasa terhadap user experience (pengalaman pengguna), dan lebih mendorong pengguna untuk meng klik blog/ situs web kita, sebab dari Meta Deskripsi yang ditampilkan di hasil pencarian google search engine, yang mana meta deskripsi ini akan ditampilkan tepat dibawah judul dari artikel postingan dari blog/ situs web. 


Uraian halaman postingan blog/ situs web yang kita buat di Meta Deskripsi akan ditampilkan di bawah judul halaman postingan, serta sama halnya dengan tag judul menyerupai yang dibahas diatas, mesin pencari/ google search engine akan menyoroti kata kunci yang diketik pengguna dengan membuat goresan pena dari kata kunci yang diketik pengguna dicetak tebal (Bold) di hasil pencarian.

Demi mendapat hasil terbaik di peringkat search engine dan meningkatkan pageview dari pengguna, buatlah deskripsi Meta yang menarik dengan memakai prinsip yang sama menyerupai pembahasan pembuatan tag judul <title> diatas, dengan panjang kalimat 150-160 huruf dan dengan menyisipkan kata kunci sasaran serta turunannya, namun sekali lagi jangan hingga berlebihan, berpikirlah bahwa anda seorang user, dan robot mesin pencari maka meta deskripsi yang dibentuk harus benar-benar memberikan ringkasan dari isi artikel postingan dari blog/ situs web anda. Selain itu, hindari memakai tag Meta duplikat.


Gunakan atribut ALT dan TITLE pada gambar postingan


Jika Anda menempatkan diri anda sebagai user, dan anda sedang membaca sebuah artikel wacana iPhone X atau Samsung S9 yang gres serta menemukan gambar manis dari iPhone X dan Samsung S9 dengan tampilan yang futuristik dan menarik, anda tahu bahwa itulah gambar dari iPhone X dan Samsung S9 keluaran terbaru. 

Dalam hal ini anda atau user yaitu seorang manusia, yang dengan hanya melihat gambar saja sudah mengenal dan mengetahuinya. 

Namun tidak bagi robot mesin telusur (search engine), robot google search engine tidak melihat gambar menyerupai halnya kita melihat gambar dalam sebuah postingan blog, robot search engine mengandalkan atribut ALT dan TITLE yang menggambarkan rincian dan klarifikasi wacana gambar tersebut. 

Dengan memakai atribut ALT dan TITLE "iPhone X Terbaru 2018" "New Samsung S9", intinya yaitu Anda memberitahukan kepada robot mesin telusur (robot search engine google) perihal wacana gambar itu.

Atribut ALT dan TITLE gambar yaitu merupakan salah satu daerah yang baik untuk anda tanamkan kata kunci/ keyword sasaran anda. 


Buatlah ALT dan TITLE pada gambar dengan lebih deskriptif, teliti dan akurat. Hal ini tidak hanya sanggup membantu pencarian blog oleh pengguna/ konsumen, namun ini juga akan sangat mempunyai kegunaan dalam hal gambar Anda sanggup dicari dalam pencarian gambar, yang pada alhasil akan menghasilkan kemudian lintas atau traffik yang tinggi. 

Karena itu, selalu gunakan atribut ALT dan TITLE untuk gambar penting di situs Web/ blog Anda, sebab selain ramah dan disukai robot search engine google, juga sangat SEO friendly dan merupakan teknik dasar SEO bagi seorang blogger pemula.


Buat URL yang user dan SEO Friendly


Seperti halnya dalam membuat judul artikel postingan dan meta deskripsi, URL (atau alamat web) postingan sangat penting dalam praktek dasar teknik SEO untuk pemula. Karena, URL Postingan Blog muncul dibanyak tempat, seperti:
  1. Pada halaman hasil pencarian google yang terletak diantara judul dan deskripsi. 
  2. Dibilah URL browser 
  3. Sebagai postingan blog rujukan dari seseorang (contohnya: dalam e-mail) 
  4. Saat anda share ke media-media sosial.

Membuat URL yang user serta SEO frienly (Ramah bagi pengguna, dan SEO) yaitu sebuah praktik yang baik untuk membuat URL Postingan Blog yang rapih serta deskriptif. 


Memberikan pengguna pemahaman yang baik wacana isi dari postingan blog kita tanpa benar-benar harus mengunjungi halaman postingan blog tersebut. 

URL yang rapih, higienis dan deskriptif juga menyiratkan struktur situs web/ blog Anda. URL terbaik yaitu URL yang memungkinkan pengguna memprediksi isi konten 

(contoh: https://soalujiannasionalajah.blogspot.com//search?q=).

Sedapat mungkin, buatlah URL postingan blog anda sesingkat mungkin, selain gampang terbaca oleh pengguna sebab dihasil pencarian google tidak terpotong atau tertutupi, juga akan lebih gampang untuk dibagikan/ share di pesan singat (SMS), Messenger menyerupai Whatsapp, BBM, Line, email, dan yang paling penting untuk dibagikan di media-media sosial. 


Dalam membuat URL Postingan Blog, sematkan kata kunci/ keyword sasaran anda, namun sekali lagi menyerupai yang dibahas sebelumnya, jangan berlebihan, biar terlihat alami/ natural, sebab jikalau kata kunci yang disematkan berlebihan maka akan memicu filter spam.

Terakhir, dalam membuat URL postingan blog, pisahkan kata dari URL postingan blog dengan tanda hubung (-), hindari penggunaan garis bawah ( _ ), dan karakter-karakter lainnya. Sebagian besar CMS membuat URL postingan blog gres secara otomatis, namun kita sanggup memodifikasinya, biar lebih user friendly, SEO friendly dan lebih pendek. 


Jika anda memakai wordpress, fitur ini yakni mengganti URL postingan blog merupakan fitur lanjutan atau fitur premium, yang gres sanggup dipakai jikalau kita membayar untuk memakai fitur ini, namun bagi yang memakai hosting blogspot, fitur ini sanggup diakses dan dipakai secara GRATIS.


Tetapkan Tautan Internal (Internal Link)


Taktik ini dirancang untuk meningkatkan peringkat halaman postingan tertentu dengan menunjukkan rujukan kepada pengguna ke halaman postingan lain, tapi masih dalam halaman blog kita sendiri. 

Dalam membuat sebuah tautan internal, haruslah merupakan link keluar yang relevan, yang sesuai dengan artikel yang kita bahas. 

Artinya menunjukkan sebuah rujukan link keluar yang walaupun masih dalam blog/ web kita sendiri namun harus tetap masih bekerjasama dengan artikel dari perujuk. Sebagai catatan, seni administrasi ini tidak menambahkan kredibilitas, tapi hanya mentransfernya saja.

Hal ini bekerja dengan menautkan postingan blog terkait memakai tautan kontekstual yaitu, merujuk pada halaman postingan "target" dari halaman "donor" di dalam tubuh artikel. Anda sanggup melaksanakan ini dengan empat langkah mudah:



Tentukan Halaman Postingan Donor


Kunci seni administrasi ini yaitu menemukan halaman postingan yang ingin Anda tautkan. Halaman postingan yang ingin Anda tautkan (halaman postingan donor) yaitu halaman yang paling sering dihubungkan dari situs-situs lain.


Tentukan Target Pages


Langkah selanjutnya yaitu mencari halaman postingan yang ingin Anda linkkan (halaman postingan target). Halaman-halaman postingan yang membutuhkan dapat dipercaya link paling banyak yaitu halaman postingan yang "hampir masuk peringkat pertama" dalam hasil pencarian dan memerlukan embel-embel "dorongan" untuk hingga ke peringkat atau halaman pertama hasil pencarian.


Buat Link


Setelah siap untuk menautkan halaman postingan, Anda harus membuat tautan di dalam teks halaman postingan dengan memakai kata kunci/ keyword yang paling menggambarkan subjek atau isi dari halaman postingan yang sedang Anda tautkan. 

Ingat, Anda terhubung biar sanggup melewati dapat dipercaya link. 

Dalam pola ini, tautan untuk "kredibilitas tautan" dipakai secara kontekstual. 

Ini berfokus pada kata kunci sasaran dan harus ditetapkan ke halaman lain di situs Anda yang berisi subjek ini. 

Jika Anda menghubungkan dari lebih dari satu halaman donor, gunakan kata kunci yang berbeda dan campurkanlah.


Jangan Membuat Internal Link yang Berlebihan


Gunakan hubungan internal link sebaik dan sehemat mungkin, serta jangan berlebihan. 

Tautan Internal (Internal Link) paling banyak dibentuk dalam suatu halaman postingan blog yaitu 5-6 tautan, yang dalam hal ini tautan untuk navigasi tidak masuk hitungan. 

Serta anda harus sering menilik kesehatan internal link halaman postingan anda, jangan hingga anda menautkan link yang rusak baik internal maupun eksternal, sebab hal ini sangat jelek untuk SEO. 

Untuk itu, praktek dasar SEO terbaik yaitu anda secara teratur harus menilik situs web atau blog anda dengan sangat cermat dan teliti, mengenai tautan yang rusak dan segera memperbaikinya. 

Anda sanggup memakai berbagai tool-tool yang terbesar di internet, bagaimana cara mencari dan menilik tautan internal dan eksternal link yang rusak.


Anchor Text di Links


Tautan ke situs web Anda dan juga tautan internal sangat manis untuk SEO sebab mereka mentransfer popularitas tautan. 

Dan salah satu yang sangat berperan penting dan yang banyak membuat perbedaan yaitu anchor text dari link tersebut. 

Teks jangkar yaitu teks yang terlihat di dalam tautan yang menjelaskan konten yang ditautkan. 

Misalnya, anchor text, 11+1 Tips SEO Terbaik Untuk Blogger Pemula, terang menggambarkan isi halaman yang terhubung. 

Begitulah cara search engine melihatnya, jadi gunakan jangkar atau Anchor Text yang deskriptif dan sertakan kata kunci/ keyword sasaran Anda, ini lebih baik untuk Praktek Dasar Teknik SEO untuk pemula dari pada memakai Anchor Text "klik di sini" atau "baca lebih lanjut" dan sebagainya. 

Membuat tautan/ link internal atau eksternal yang menyertakan kata kunci sasaran sangat baik dalam Praktek Dasar Teknik SEO bagi Pemula, namun sekali lagi dalam menerapkan SEO jangan berlebihan. 

Memiliki terlalu banyak tautan keluar dengan Anchor Text memakai kata kunci yang sama akan terlihat "spam" dan sanggup dianggap "tidak alami/ natural." 

Sebagai gantinya, gunakan kreativitas anda bahkan terkadang anda sanggup tidak mengikut sertakan kata kunci/ keyword target.


Mengubah Konten Lama menjadi Magnet Tautan


Terkadang kebanyakan para blogger lebih memfokuskan perjuangan penerapan SEO pada posting blog terbaru mereka. 

Mereka mempromosikan konten di media-media sosial selama beberapa hari dan kemudian kemudian beralih ke topik konten. 

Strategi ini memang tidak salah dan baik untuk dilakukan, namun masalahnya yaitu mungkin diharapkan waktu lebih usang dari apa yang kita harapkan. 

Terkadang saya pun sering lupa akan hal ini, bahwa SEO yaitu suatu proses yang membutuhkan waktu, kerja, eksperimen dan pengukuran, dan sering mengabaikan perjuangan SEO yang diterapkan pada postingan-postingan lama. 

Dengan mengabaikan perjuangan SEO pada posting lama, berarti kita telah mencegah diri kita untuk mengambil potensi yang terpendam didalam praktek teknik SEO pada postingan-postingan usang kita.

Jadi bagaimanakah cara untuk memanfaatkannya teknik SEO pada posting lama?



Caranya yaitu dengan membuat magnet link.


Link magnet melibatkan pembuatan konten yang dirancang untuk mendorong orang lain untuk menautkannya dari situs-situs lain. 

Teorinya terdengar gampang dan bagus, namun bagaimana cara membuat orang lain untuk melakukannya dengan menautkan postingan usang kita kedalam situs-situs lain, atau menautkan postingan usang kita kedalam postingan gres untuk meningkatkan peringkat postingan, itu yang tidak mudah. 

Untuk mewujudkan itu, kita sanggup melaksanakan lima langkah berikut:

1. Pertama, kenali terlebih dahulu postingan yang mempunyai potensi paling SEO.

Postingan ini yaitu postingan yang bersahabat dengan halaman pertama SERP atau yang telah berada di peringkat atas SERP untuk kata kunci yang bagus, yakni kata kunci dengan volume pencarian tinggi serta tingkat persaingannya juga tinggi. Gunakan juga pendekatan ini untuk membuat tautan internal.

2. Periksa semua prinsip SEO yang telah saya uraikan di sini dan lakukanlah pengoptimalan embel-embel sesuai kebutuhan.

Ingatlah, dalam praktek SEO, perbedaan peringkat di halaman pertama dan kedua search engine terkadang hanyalah pada detail-detail kecil saja, menyerupai tidak ada tag header <h1>, <h2> dan seterusnya atau kata kunci yang tidak mencukupi di tubuh teks (dalam artikel postingan).

3. Tautkan postingan dari postingan yang lebih usang dan berperingkat tinggi.

Dengan cara ini, Anda sanggup mengirimkan beberapa jus tautan untuk pos berkinerja tinggi ke pos lainnya yang mempunyai potensi yang sama.

4. Cari cara untuk memperbaiki isi posting Anda.

Jika Anda pikir Anda mempunyai topik yang bagus, menentukan kata kunci yang tepat dan mengikuti semua praktik yang dijelaskan di sini, namun bagaimanapun juga Anda masih belum mendapat cukup daya tarik, sanggup jadi isinya bagus, namun belum cukup hebat. Jadi, cari cara untuk memperbaikinya: tambahkan ilustrasi, grafik, bukti, screenshoot, contoh, statistik, kutipan, studi kasus, dan sebagainya.

5. Setelah Anda mengikuti semua langkah ini, kini saatnya memberi postingan Anda kehidupan baru.

Jalankan promosi-promosi lain dengan intensitas yang lebih tinggi: bagikan kembali di media sosial, sertakan dalam milis Anda, tambahkan tautan ke signature e-mail. 


Bila perlu kampanyekan konten postingan blog dengan mengiklankannya di Facebook, LinkedIn, Twitter, Adword, dan sebagainya untuk menjangkau pengguna dan blogger lain untuk melihat apakah mereka ingin mereferensi konten postingan blog kita.


Tinjau Teknis SEO


Terkadang, sehabis semua Praktek Dasar Teknik SEO untuk pemula ini telah kita terapkan, namun jikalau postingan yang kita buat tidak terindeks oleh search engine, maka konten postingan blog kita tidak akan pernah muncul di hasil pencarian search engine. 

Untuk itu, sangat perlu diperhatikan untuk meninjau ulang aspek-aspek teknis SEO dalam hal biar sanggup dibaca oleh robot search engine.

Ada beberapa aspek teknis yang sanggup anda lakukan untuk membantu atau pun mencegah pengindeksan situs/ blog kita oleh search engine. 


Berikut ini yaitu beberapa item yang harus Anda tinjau dan perhatikan dalam pengembang web atau blog Anda untuk memastikan bahwa situs web/ blog Anda dioptimalkan dari sudut pandang teknis nya.

1. Google Search Console

Sebagai seorang blogger, dan pengembang situs web/ blog, Anda harus menyiapkan akun untuk situs web/ blog Anda di Google Search Console. Google Search Console ini yaitu layanan google untuk para webmaster yang diberikan secara gratis, yang akan membantu Anda memahami bagaimana Google melihat dan merayapi situs web/ blog anda. Serta menunjukkan petunjuk dan rekomendasi terbaik yang harus diterapkan jikalau ada suatu persoalan didalam tinjauan teknis SEO blog anda.

2. Peta situs

Situs web/ blog Anda harus mempunyai peta situs dalam format XML yang meliputi keseluruhan struktur data dari situs web/ blog Anda (termasuk entri blog Anda) yang kemudian harus didaftarkan dan dimasukkan ke dalam Google memakai Search Console. Hal ini diharapkan guna membantu Google dalam mengindeks atau merayapi situs web/ blog Anda dan menginformasikannya wacana pembaruan-pembaruan yang diperlukan.

3. Pengalihan Permanen

Jika struktur URL situs/ blog Anda berubah (misalnya ketika mengulang situs web atau merubah dari HTTP ke HTTPS), Anda harus menyiapkan pengalihan permanen (kode 301) dari halaman usang Anda ke halaman baru. Begitulah cara mesin pencari (dan juga pengguna) akan diarahkan ke versi gres dari halaman-halaman usang anda.

4. Nofollow / Noindex

Pastikan halaman situs Anda "terbuka" untuk diindeks oleh mesin pencari. Ada satu tag yang secara khusus akan menghentikan search engine untuk merayapi atau mengindeks situs web/ bloga anda yakni: <meta name = "robots" content = "noindex, nofollow">. dan pastikan Anda tidak mempunyai tag itu didalam HTML anda, jikalau Anda ingin biar situs web Anda terindeks. Anda sanggup mencegah robot google search engine untuk merayapi situs web/ blog anda sebatas pada:

  • Arsip 
  • Label 
  • search

5. Robots.txt

Robots.txt yaitu file di server web Anda yang sanggup membatasi terusan ke situs web Anda untuk mesin telusur. Ini bekerja dengan cara yang sama menyerupai tag "noindex, nofollow", jadi pastikan itu tidak mencegah mesin pencari mengindeks situs Anda.

Artikel Dasar-dasar SEO - Panduan Praktik Terbaik SEO untuk Pemula ini yaitu merupakan studi kasus saya dalam mempraktekkan teknik dasar SEO untuk pemula, dimana artikel ini saya buat pada tanggal 15 Desember 2017, tanpa saya lakukan submit URL atau Fetch As Google di Search Console Google. 


Jika anda melihat artikel ini dihalaman peringkat pertama google maka anda pun harus mengikuti tahap-tahap praktek dasar teknik SEO untuk pemula ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel