Cara Berinteraksi Dan Melibatkan Pembaca Blog/ Audiens Anda
Melakukan sebuah perjuangan akan terasa sangat membosankan ketika tidak ada orang-orang yang memperhatikan dan menyampaikan apresiasi atas apa yang kita lakukan.
Berinteraksi dan Melibatkan Audiens Blog
Percayalah, saya sudah pernah mencicipi hal itu.
Bahkan saya pernah dicibir oleh sobat saya sendiri atas kegiatan ngeblog ini.
Dengan nada sedikit mengejek, ketika saya gres saja memulai ngeblog, dan diterima google adsense, dimana penghasilan perbulan saya ketika itu hanya Rp.12.000 saja, ia mengatakan:
"Wow, perjuangan yang menjanjikan..setahun belum tentu dapet satu juta.."
Ia menyampaikan itu sambil tertawa dan dihadapan banyak teman-teman kantor saya yang lain.
Apakah alasannya ialah ejekan itu, kemudian saya berhenti ngeblog?
TIDAK!
Saya tidak berhenti, bahkan itu menjadi cambuk buat saya, menjadi pelecut semangat saya untuk sanggup berhasil menyerupai blogger-blogger yang telah menikmati hasil jerih payah mereka.
Karena satu hal yang menjadi pegangan saya..Mereka bisa, mengapa saya tidak?
Kaprikornus saya harap, Anda juga tidak keluar dari ngeblog Anda, dan patah semangat kalau perjuangan ngeblog anda tidak mendapat perhatian atau apresiasi atau mungkin bahkan ejekan baik itu dari sobat bersahabat anda ataupun dari audiens anda.
Akan tetapi, itu bukan berarti saya selalu tegar dan berpengaruh menghadapinya..ada kalanya diwaktu-waktu tertentu saya ingin menyerah, dan meninggalkan dunia blogging.
Namun alasannya ialah kuatnya harapan saya untuk berhasil, menciptakan saya urung dan pantang untuk menyerah.
Dan saya juga tahu bahwa Anda niscaya juga berpikir menyerupai saya.
Bahwa Anda bukanlah orang yang gampang menyerah....
Kaprikornus saya tidak akan menganggap anda orang yang pantang menyerah, namun percayalah....
Ada kalanya anda akan menemukan diri anda dalam keadaan down..hilang semangat dan rasa ingin menyerah.
Bahkan mungkin ada beberapa dari Anda akan berhenti sejenak, atau menunda mengembangkan blog Anda ketika Anda tidak melihat ada kemajuan berarti di blog Anda.
Dan pada akhirnya, Anda akan menghilangkan daftar kiprah menulis blog anda dalam kegiatan rutin harian Anda.
Jujur saja, pemicu semangat ngeblog ialah perhatian dan apresiasi dari para pembaca blog kita, para Audiens.
Iya, audiens ialah raja, jadi perlakukan mereka layaknya seorang tamu dan anda ialah seorang pelayan...(lihat: Bagaimana Cara Menjadi Blogger yang Berguna dan Terkenal? Baca Ini!)
Dan kalau blog kita sepi komentar, sepi tanggapan audiens, sepi nyinyiran mereka, maka lambat laun tapi pasti, semangat ngeblog kita yang berapi-api akan padam secara perlahan.
Karena itu, kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya bagaimana cara melibatkan pembaca pada blog yang kita bangun.
Mungkin taktik ini juga dipakai oleh blogger-blogger yang lain, namun setidaknya apa yang akan saya bagikan ini ialah hasil dari pengalaman saya sendiri.
Konten Berkualitas
Baiklah, mari kita mulai!
Sebelum kita melanjutkannya, jawab satu pertanyaan dari saya!
"Apa yang menciptakan blog Anda sangat istimewa?"
Saya rasa semua blogger sepakat, jawabannya adalah: Konten. Betul Tidak?
Yang menciptakan sebuah blog berbeda dengan blog yang lainnya ialah konten.
Walaupun blog tersebut membahas suatu hal yang sama atau yang lebih dikenal dikalangan blogger ialah niche.
Yang menciptakan istimewa dari suatu blog ialah konten.
Saya jadi teringat bagaimana dulu saya memulai ngeblog.
Saat saya mendaftarkan blog saya untuk menjadi publisher google adsene, saya berkali-kali ditolak oleh google adsense.
Saya bingung, apa yang menjadikan blog saya hingga ditolak google adsense?
Setelah saya pelajari dan baca alasan penolakan dari google adsense ialah alasannya ialah konten saya tidak memadai.
Kaprikornus jelas, konten ialah suatu hal utama dan terpenting dalam ngeblog, bukan tampilan atau templates blog nya.
Pembaca tidak akan tertarik dengan suatu blog yang tidak mempunyai konten yang memadai, walaupun tampilan blognya manis luar biasa.
Yang Dicari Orang di Internet
Baiklah…
Saya lanjutkan lagi....
Pertanyaan berikutnya:
"Apakah Anda tahu, apa yang menciptakan konten Anda istimewa?"
Jawaban: Solusi + Cerita + Khasiat
IYA!
Ingatlah satu aturan dunia blogging: BERIKAN APA YANG PEMBACA BUTUHKAN!
Orang tidak akan melihat atau mencari sesuatu di internet, kecuali alasannya ialah mereka memang membutuhkan gosip tersebut, dan alasannya ialah mereka ingin mencari solusi atas permasalahan yang mereka hadapi.
Namun, secara umum, ada tiga hal yang pembaca ingin lihat di posting blog:
1. Solusi untuk Masalahnya:
Pembaca, akan sangat antusias dan terburu-buru meng-klik sebuah judul dari hasil pencarian dan membukanya alasannya ialah mereka pikir itu akan membantu mereka.
Ingatlah, bahwa mereka mencari solusi untuk masalahnya, dan terburu-buru mengklik untuk melihat isi konten tersebut.
Hal ini mungkin alasannya ialah mereka tidak ingin membuang-buang waktu mereka dalam mencari, jadi mereka ingin cepat mengambil sesuatu yang bermanfaat.
Dan ketika pembaca menemukan solusi yang mereka inginkan, mereka akan mencobanya.
Namun kalau ternyata konten tersebut terlalu banyak narasi dan ceritanya serta pada balasannya tidak menyampaikan solusi apa-apa, mereka akan dengan cepat meninggalkannya..dan bounce rate blog andapun akan sangat tinggi.
Contoh: Blog Awambicara ini ialah blog berguru dan informasi. Berisi perihal berguru lulus tes CPNS, serta berisi perihal gosip seputar penerimaan CPNS. Selain itu blog ini juga berisi perihal informasi-informasi mengenai aturan di Indonesia, perihal bagaimana berhadapan dengan hukum, perihal aturan pidana, beracara di pengadilan, perihal aturan perdata, gugatan, permohonan, advokat dan yang lainnya.
2. Panduan perihal sebuah Topik:
Ada kalanya para pembaca blog ingin mempelajari aneka macam hal dan menemukan tutorial yang sanggup membantu mereka.
Panduan atau how-to- atau kalau di Indonesia kan "Bagaimana Cara-", "Tips untuk-", "Cara untuk-" dan lain sebagainya, yang cukup terkenal di blog.
Hampir setiap blogger, yang mengangkat tema/ niche perihal blog akan menulis postingan blog berupa panduan yang akan membantu pembacanya.
Tentang bagaimana langkah-langkah ngeblog, tips dan trik ngeblog dan lain sebagainya.
Contoh: Blog ini membahas perihal contoh-contoh soal CPNS beserta kunci jawabannya yang dilengkapi dengan tips dan trik menjawabnya. Panduan perihal bagaimana menjawab soal tes cpns dalam waktu singkat, panduan menghemat waktu dalam menjawab tes cpns. Blog ini juga membahas perihal panduan beracara dipengadilan, mengajukan gugatan, permohonan, dan sebagainya.
3. Peralatan dan Sumber Daya yang Berguna Menyelesaikan Sesuatu:
Blgo Anda mungkin menyampaikan beberapa alat yang berkhasiat dan bermanfaat untuk dibagikan dengan pembaca Anda di dalam konten atau secara pribadi memberi tahu mereka di judul posting blog Anda.
Setelah pembaca blog mengetahui bahwa Anda selalu membuatkan alat-alat hebat, mereka akan terus mengikuti dan menunggu artikel-artikel Anda berikutnya.
Contoh: Blog yang membahas perihal peralatan atau sumber daya yang berkhasiat menuntaskan suatu dilema biasanya blog yang membahas perihal pemograman, coding atau templates blog. Blog awambicara ini tidak membahas perihal peralatan dan sumber daya ini, jadi sebagai referensi Anda sanggup melihat blog dari kompi ajaib. Disana banyak dibagaikan tool-tool menarik seputar dunia blogging.
Pada dasarnya, pembaca mencari tiga hal utama tadi di internet.
Kaprikornus kini Anda telah melihat dan tahu apa yang ingin dilihat oleh pembaca di postingan blog.
Langkah selanjutnya ialah bagaimana cara menciptakan postingan blog Anda menarik pembaca.
Bisa jadi ketika anda membaca blog favorit anda, Anda mungkin telah terperangkap oleh sebuah taktik memikat pembaca yang diterapkan oleh penulis blog favorit anda.
Saya sendiri mengakuinya.
Saya mungkin memang telah berada dibawah perangkap yang dibentuk oleh blogger favorit saya, namun saya menyukainya dan itu terasa sangat menyenangkan...(I loved it..)
Sekarang, saatnya untuk mengetahui hal-hal apa saja yang menciptakan para pembaca untuk tetap terhubung dengan blog kita.
Hal ini sanggup menjadi sebuah dorongan yang secara tiba-tiba menyampaikan "HENTIKAN" atau "JANGAN LAKUKAN ITU".
Akan tetapi untuk sebagian besarnya, Anda harus ada di sana untuk membantu dan mendidik pembaca Anda, bukan hanya menyampaikan "HENTIKAN" atau "JANGAN LAKUKAN ITU".
Cara Melibatkan Pembaca Blog/ Audiens
Berikut ini tujuh cara untuk melibatkan pembaca blog Anda:
1. Masukkan Cuplikan Inti Artikel/ Konten di Awal
Banyak blogger yang melaksanakan ini dan saya juga.
Hal ini bahwasanya ialah taktik untuk menciptakan pembaca Anda siap secara mental bahwa sesuatu yang menakjubkan ada di sana dan mereka akan menyaksikan itu.
Cuplikan itu sendiri Berisi:
Anda sanggup memberi cuplikan berupa petunjuk perihal apa yang akan terjadi, mengapa mereka (pembaca) harus tetap melanjutkan membaca konten Anda.
Dan tunjukkan apa yang akan terjadi kalau mereka terus membaca artikel tersebut hingga selesai.
Ketika tujuan Anda ialah untuk melibatkan pembaca di postingan blog Anda, dan Anda yakin bahwa konten Anda niscaya akan membantu mereka, kemudian lanjutkan.
Para pembaca akan merasa takjub ketika mereka tahu bahwa Anda akan mengungkapkan diam-diam Anda atau membagikan tips yang bagus kepada mereka.
Contoh: Anda sanggup lihat artikel saya perihal "Pihak Tanpa Sertifikat Menggugat Kepemilikan Tanah yang Bersertifikat".
2. Memberikan Contoh dalam Konten
Ketika Anda membentuk pandangan Anda dalam goresan pena blog Anda dengan kesederhanaan, keaslian, dan kejelasan, menjadi lebih gampang bagi audiens untuk memahami.
Dan ketika Anda menambahkan dengan memberi referensi di konten Anda, bukan hanya membantu pembaca memahami konsepnya, tetapi juga menjelaskan esensi pesan dari konten Anda.
Contoh: Anda sanggup lihat di konten atau artikel ini, dimana saya menyampaikan beberapa referensi dalam setiap panduan yang telah saya berikan. Atau anda sanggup melihat juga dari artikel-artikel saya yang lain, yakni: pembahasan soal CPNS, berguru bahasa inggris dan aturan di blog awambicara ini.
Memberikan referensi dalam konten akan menyampaikan Anda tiga manfaat, yakni:
1) - Membantu membangun kepercayaan audiens.
2) - Memberikan bukti yang autentik perihal sudut pandang Anda.
3) - Memberikan Anda efek untuk menjelaskan topik.
Ketiga manfaat tersebut akan membantu Anda untuk lebih bersahabat dengan audiens yang berinteraksi dengan Anda.
Ketika pembaca Anda memahami sudut pandang Anda dengan pertolongan referensi yang Anda gunakan, kemungkinannya ialah mereka akan selangkah lebih maju untuk mengikuti Anda.
Gunakan aneka macam referensi di posting blog Anda.
Jangan menciptakan diri Anda terjebak di bawah pertanyaan yang tidak pasti, seperti:
Berapa banyak referensi yang harus saya tambahkan?
Bisakah saya menambahkan referensi blog saya sendiri?
Haruskah saya menautkan ke orang lain sambil mengutip mereka dalam contoh?
Haruskah saya memakai tautan atau screenshot untuk menambahkan contoh?
Anda menginginkan perhatian, Anda menginginkan jangkauan sosial, dan Anda ingin lebih banyak membuatkan sosial.
Bagaimana? Apakah hingga ketika ini cukup terperinci untuk Anda?
Baiklah. Teruslah membaca ...
Banyak blogger dan motivator memakai referensi untuk mendidik audiens mereka.
3. Seni Bercerita
Bercerita atau mendongeng bukan hanya sebuah seni tapi ini ialah sebuah seni yang luar biasa.
Ketika Anda mempunyai gaya, pengetahuan, dan semangat untuk melibatkan penonton, maka Anda harus melakukannya sebaik mungkin.
Bercerita ialah sesuatu yang sanggup memukau pendengar.
Anda pernah menonton film animasi malaysia "Pada Zaman Dahulu"?
Saksikanlah bagaimana belum dewasa Anda, atau keponakan Anda, atau bahkan Anda sendiri terpukau dan kagum dengan ceritanya? Dan semuanya terlihat begitu nyata?
Baiklah…
"Aki atau Kakek" yang berperan di serial animasi tersebut memang mempunyai talenta menceritakan sebuah kisah atau kisah dongeng.
Para salesman yang menyampaikan dagangannya di komplek-komplek perumahan akan untung besar ketika mereka berhasil menyampaikan kisah atau kisah mereka yang sanggup memukau ibu-ibu kompleks disana.
Anda sanggup melakukannya dengan mengetahui diam-diam bagaimana menciptakan judul posting blog yang menarik dan memikat pembaca. (lihat: Cara Membuat Postingan Blog yang Efektif Memikat Pembaca).
Buatlah pembaca ingin tahu perihal isi konten, dan pada balasannya orang ingin menilik posting blog dan buletin Anda.
4. Jadilah Pemecah Masalah
Saya menyampaikan gosip yang saya harapkan sanggup menjadi solusi dan pemecah dilema pembaca saya.
Saya tahu gosip berupa solusi ini akan membantu saya dalam menciptakan kreasi konten, menulis lepas dengan lebih mudah.
Sedangkan untuk tool-tool blogging, menyerupai templates, tool SEO, juga saya sertakan diblog ini.
Khusus untuk templates, saya tidak memberikannya secara langsung, namun saya mengarahkan pembaca saya ke blog lain yang khusus membahas perihal templates, menyerupai kompi ajaib.
Untuk pencarian kata kunci atau keyword, saya memakai tool gratis ekstensi google chrome keywordeverywhare.
Semua alat itu sanggup memecahkan dilema saya. Kaprikornus saya menyukai tool-tool tersebut, terutama alasannya ialah gratis tentunya.
Selain keywordeverywhere, untuk pencarian kata kunci atau keyword yang mempunyai volume pencarian tinggi beserta dengan tingkat persaingannya, saya juga memakai tool dari neil patel yakni ubersuggest.
Semua alat tersebut yang telah saya sebutkan, ialah alat yang saya gunakan di blog awambicara saya ini.
Ingat, ketika Anda mulai memecahkan dilema audiens Anda di niche Anda, mereka akan mulai menyukai dan mengasihi Anda ...
Anda mungkin tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya..
Orang-orang akan mulai mendengarkan Anda, mereka mulai sepakat dengan Anda, serta mereka mulai mengikuti jejak Anda.
Ingatlah selalu, semakin banyak orang mengikuti Anda, semakin Anda harus bertanggung jawab.
Intinya adalah, kalau Anda ingin menciptakan orang tiba ke situs web atau blog Anda, Anda harus membuatnya menjadi sebuah alat yang berkhasiat untuk mereka.
Lakukan sesuatu yang membantu mereka menyerupai yang telah saya sebutkan tadi bahwa saya secara teratur memakai alat menyerupai keywordeverywhere dan ubersuggest.
Mengapa?
Karena tool-tool ini membantu saya, itulah mengapa saya merekomendasikannya.
5. Gunakan Tangkapan Layar (Screecshot) untuk Menarik Pembaca
Berbicara perihal keterlibatan pembaca, screenshot bahwasanya membantu saya untuk menarik pembaca.
Saya selalu mengambil tangkapan layar/ screenshot kalau saya menyampaikan sebuah konten berupa panduan atau trik, menyerupai pada konten: Tombol Share atau Bagikan Facebook HILANG? Begini Cara Mengatasinya.
Saya perhatikan bahwa orang-orang menyukai tangkapan layar saya.
Kenapa?
Karena ini membantu mereka memahami maksud saya.
Dan Anda mungkin ingin melaksanakan hal yang sama di blog Anda.
Anda tentu tidak ingin menciptakan pembaca anda pergi begitu saja tanpa mendapat apa-apa di blog Anda bukan?
Untuk menghindari itu, Anda harus memakai setiap taktik yang memungkinkan untuk terus melibatkan mereka.
Jika Anda mengunjungi blog blogger-blogger terkenal lainnya dan hal itu pemberi efek untuk Anda ...,
....Anda akan melihat bahwa hampir semuanya memakai tangkapan layar/ screenshot di postingan blog mereka, alasannya ialah taktik ini membantu mereka menjelaskan aneka macam hal ...
6. Tambahkan Sumber yang Beragam + Referensi
Mencampur media yang berbeda dan menambahkan referensi yang sempurna akan menciptakan konten Anda lebih bermanfaat dalam melibatkan pembaca.
Sumber yang bermacam-macam tidak hanya membantu Anda untuk mengotentikasi sudut pandang Anda tetapi juga menambah nilai pada pekerjaan Anda.
Blogger memakai aneka macam situs untuk menambahkan referensi di konten mereka.
Dari video YouTube, presentasi Slideshare, artikel, hingga e-book.
Mereka memakai referensi dari semua hal yang memungkinkan dan tentu saja relevan.
Flipboard ialah platform yang luar biasa untuk menemukan konten terbaik yang diterbitkan dalam aneka macam kategori.
Scribd membantu Anda menemukan e-book diberbagai kategori.
Semakin Anda menciptakan konten Anda bermanfaat, semakin banyak orang yang akan terlibat dengan Anda.
Alasannya sederhana, ketika Anda mempunyai artikel yang rinci dan bermacam-macam untuk ditampilkan, itu akan menyampaikan citra artikel yang berbasis penelitian yang sanggup menggambarkan kerja keras Anda.
Dan orang-orang sangat menghormati sebuah hasil kerja keras.
7. Soroti Artikel yang Relevan
Orang biasanya tidak mengklik pada artikel terkait yang muncul di simpulan artikel secara otomatis.
Mungkin alasannya ialah artikel tersebut keluar secara acak dan tidak ada sinergi apa pun antara artikel yang Anda baca dan artikel terkait yang muncul di footer atau artikel terkenal di sidebar.
Jika Anda perhatikan, semua blogger menyebutkan artikel mereka yang relevan di konten mereka….
Atau yang biasa kita kenal dengan internal link.
Hal itu, juga sanggup anda lihat dikonten/ artikel "Cara Berinteraksi dan Melibatkan Pembaca Blog/ Audiens Anda" ini.
Artinya, hal ini ialah taktik yang sangat berkhasiat untuk Anda adopsi.
Ada tiga manfaat menyoroti konten atau menyampaikan tautan internal terkait yang diposting sebelumnya:
• Anda mendapat tautan internal di blog Anda
• Menurunkan Bounce Rate atau Rasio Pentalan
• Memandu pembaca dalam menemukan konten terkait
• Membantu search engine meng crawler konten/ halaman blog Anda dan diindeks dengan cepat dan baik oleh search engine.
Meskipun, peringkat hasil pencarian search engine bergantung pada banyak faktor yang berbeda, tetapi saya mempunyai alasan untuk percaya bahwa penautan internal juga membantu situs mendapat peringkat lebih tinggi di mesin telusur.
Ketika Anda menciptakan tautan internal di blog Anda, maka itu akan memaksa Anda untuk selalu menciptakan konten yang lebih berkualitas lagi.
Hasilnya, Anda akan mendapat audiens yang akan jauh lebih terlibat pada Anda blog.
Apa yang akan Anda lakukan sekarang?
Saya tidak sanggup menerapkan banyak hal secara bersama-sama.
Karena dalam menerapkan suatu taktik baru, akan selalu membutuhkan waktu.
Tidak ada blogger yang menolak untuk mempunyai audiens yang selalu terlibat dengan mereka.
Karena audiens yang selalu terlibat akan bahagia mendengarkan Anda, menanti konten terbaru Anda, membuatkan konten Anda, dan tetap mengunjungi blog Anda.
Anda mungkin ingin memakai plugin posting terkait atau plugin terkenal post untuk melibatkan pembaca.
Tetapi kembali lagi, saya ingatkan bahwa Anda tidak sanggup memaksa seseorang untuk membuatkan konten Anda atau memaksa mereka untuk menyukai pekerjaan Anda.
Gunakanlah semua taktik yang sangat memungkinkan untuk melibatkan pembaca blog Anda.
Namun tetap dengan santun, sopan dan tentu saja lemah lembut.
Dari semua tools yang telah saya sebutkan diatas, masih kalah jauh dan tidak akan ada yang sanggup menandinginya dengan alat yang satu ini:
APA ITU?
Alat terbesar yang sanggup Anda miliki ialah 'KONTEN BERKUALITAS' Anda.
Pembaca Anda harus tahu bahwa mereka dilarang melewatkan konten Anda.
Setelah Anda mulai menciptakan konten menyerupai itu, Anda akan melihat lebih banyak orang akan mengomentari artikel Anda dan membuatkan dengan teman-teman mereka.
Apa lagi yang akan Anda lakukan untuk melibatkan pembaca blog Anda?
Jika anda mempunyai taktik yang lain, silahkan tinggalkan komentar anda dibawah.
Intinya, teruslah berusaha untuk menghasilkan konten yang berkhasiat dan bermanfaat bagi orang lain. Selanjutnya, semoga aturan alam yang menyelesaikannya. Semoga bermanfaat!