Contoh Soal Unbk Bahasa Indonesia Untuk Smp
Contoh soal UNBK 2017 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs
Soal Nomor 1
Bacalah paragraf berikut!

Gagasan utama paragraf tersebut adalah:

Gagasan utama paragraf tersebut adalah:
A. | berbagai motif batik cirebonan |
B. | produk batik rumahan dan pabrikan |
C. | Trusmi sebagai pusat batik cirebonan |
D. | kegemaran orang Cina akan motif batik |
Bacalah paragraf berikut!![]() Gagasan utama paragraf tersebut ialah terletak pada kalimat …. |
A. | pertama |
B. | kedua |
C. | ketiga |
D. | keempat |
![]() Persamaan informasi kedua kutipan informasi tersebut ialah …. |
A. | hasil yang diperoleh |
B. | waktu pelaksanaan |
C. | cabang pertandingan |
D. | target yang diinginkan |
![]() Perbedaan penyajian kedua kutipan teks informasi tersebut ialah :. |
A. | Teks Berita Idiawali dengan unsur informasi apa Teks Berita IIdiawali dengan unsur informasi kapan |
B. | Teks Berita Idiawali dengan unsur informasi kapan Teks Berita IIdiawali dengan unsur informasi apa |
C. | Teks Berita Idiakhiri dengan unsur informasi bagaimana Teks Berita IIdiakhiri dengan unsur informasi siapa |
D. | Teks Berita Idiakhiri dengan unsur informasi di mana Teks Berita IIdiawali dengan unsur informasi di mana |
![]() Keistimewaan tokoh tersebut ialah …. |
A. | termasuk 100 pengarang dunia |
B. | penulis novel dan dongeng singkat |
C. | seorang pengarang yang produktif |
D. | dijuluki Albert Camus Indonesia |
![]() Sikap tokoh R.M. Padmosantjojo yang patut diteladani pada kutipan bacan tersebut terdapat pada kalimat nomor …. |
A. | (1) dan (2) |
B. | (1) dan (3) |
C. | (1) dan (4) |
D. | (1) dan (5) |
![]() Penjelasan kalimat nomor 3 pada teks iklan tersebut ialah … |
A. | Bergabungnya kami dengan Akademi Bintang Gemintang, Anda akan menerima pembelajaran berbisnis yang handal. |
B. | Penggabungan Anda dan Akademi Bintang Gemintang akan menerima pembelajaran berbisnis yang handal. |
C. | Kuliah di Akademi Bintang Gemintang, mahasiswa akan menerima pembelajaran berbisnis yang handal. |
D. | Dengan bergabung di Akademi Bintang Gemintang menjadikan Anda pelajar yang handal. |
![]() Maksud teks iklan tersebut ialah … |
A. | Menghindari kejahatan internet sanggup dilakukan dengan meragukan cyber crime |
B. | Dalam internet terdapat tindakan yang perlu dikenali, diwaspadai, dan dihindari. |
C. | Keberadaan internet tidak bisa dihindari maka perlu kita kenali dan waspadai. |
D. | Ada kejahatan dalam internet, maka kita harus mengenali, mewaspadai, dan menghindari. |
![]() Fakta pada iklan tersebut ditandai nomor …. |
A. | 1 |
B. | 2 |
C. | 3 |
D. | 4 |
![]() Simpulan isi paragraf tersebut ialah … |
A. | Indonesia menurunkan tingkat relasi diplomatik alasannya penyadapan yang dilakukan Australia. |
B. | Pemerintah Australia murka alasannya penyadapan yang dilakukan pemerintah Indonesia. |
C. | Duta Besar Australia murka alasannya penyadapan yang dilakukan pemerintah Indonesia. |
D. | Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Australia menurun alasannya kekurangan intelejen. |
![]() Simpulan grafik tersebut ialah … |
A. | Kebutuhan kedelai bulan Agustus mengalami penurunan. |
B. | Kebutuhan kedelai tertinggi terjadi pada bulan November. |
C. | Kebutuhan kedelai dalam enam bulan terakhir tidak stabil. |
D. | Jumlah kebutuhan kedelai bulan Agustus sama dengan Oktober. |
![]() Pernyataan yang sesuai dengan isi tabel tersebut ialah … |
A. | Wisatawan yang tiba ke Padang mengalami kenaikan. |
B. | Yogyakarta sebagai tempat wisata kedua terbanyak dikunjungi wisatawan. |
C. | Wisatawan yang berkunjung ke Bandung dan Jakarta mempunyai jumlah yang sama. |
D. | Dalan dua tahun terakhir Jakarta sebagai kota yang paling sedikit dikunjungi wisatawan. |
![]() Pertanyaan yang sesuai dengan isi skema tersebut ialah … |
A. | Siapa yang menciptakan Struktur Organisasi Karang Taruna Mandiri? |
B. | Kapan Struktur Organisasi Karang Taruna Mandiri tersebut dibuat? |
C. | Ada berapa seksi dalam Struktur Organisasi Karang Taruna Mandiri? |
D. | Bagaimana jikalau Struktur Organisasi Karang Taruna Mandiri tidak dibuat? |
![]() Arah perjalanan yang paling efektif dari losmen ke lokasi pertandingan ialah …. |
A. | dari Jalan Walet belok kiri ke Jalan Elang lurus ke Jalan Beo belok kiri ke Jalan Pelatuk |
B. | dari Jalan Walet belok kanan ke Jalan Kutilang belok kanan ke Jalan Kakatua belok kanan ke Jalan Merpati |
C. | dari Jalan Walet belok kanan ke Jalan Kutilang belok kiri ke Jalan Cendrawasih belok kanan ke Jalan Pelatuk |
D. | dari Jalan Walet belok kanan ke Jalan Kutilang belok kanan ke Jalan Kakatua belok kiri ke Jalan Cendrawasih |
![]() Tema puisi tersebut ialah …. |
A. | Sawah hijau |
B. | Keindahan gunung |
C. | Keindahan alam Indonesia |
D. | Keamanan rakyat Indonesia |
![]() Citraan larik pertama pada kutipan puisi tersebut ialah …. |
A. | perasaan |
B. | penglihatan |
C. | penciuman |
D. | pendengaran |
![]() Larik bermajas pada kutipan puisi tersebut ditandai nomor …. |
A. | (1) dan (2) |
B. | (2) dan (3) |
C. | (3) dan (4) |
D. | (4) dan (5) |
![]() Penggambaran tabiat tokoh Aku pada kutipan cerpen tersebut melalui cara …. |
A. | dialog antartokoh |
B. | penggambaran fisik |
C. | penyebutan langsung |
D. | penceritaan tokoh lain |
![]() Bukti tabiat tokoh saya suka mengadu terdapat pada nomor …. |
A. | (1) dan (2) |
B. | (3) dan (4) |
C. | (5) dan (6) |
D. | (7) dan (8) |
![]() Latar tempat pada kutipan dongeng tersebut ialah di …. |
A. | rumah dan dapur |
B. | rumah dan hutan |
C. | rumah dan pasar |
D. | rumah dan warung |
![]() Konflik pada kutipan cerpen tersebut ialah …. |
A. | keinginan orang renta biar anaknya lekas beristri |
B. | harapan biar cucunya segera terlahir dengan selamat |
C. | keinginan seorang anak untuk berjuang melawan Belanda |
D. | harapan orang renta biar anaknya tidak berperang melawan Belanda |
![]() Perbedaan latar sosial pada kedua kutipan novel tersebut ialah …. |
A. | Novel I masyarakat pertanian Novel II masyarakat perkotaan |
B. | Novel I lingkungan petani Novel II lingkungan terpelajar |
C. | Novel I lingkungan terpelajar Novel II lingkungan pedagang |
D. | Novel I masyarakat pedagang Novel II masyarakat petani |
![]() Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan novel tersebut ialah …. |
A. | Novel I (bahasa sastra lama, bahasa gampang dipahami) Novel II (bahasa sastra lama, bahasa sulit dipahami) |
B. | Novel I (bahasa sastra lama, bahasa sulit dipahami) Novel II (bahasa modern, bahasa gampang dipahami) |
C. | Novel I (bahasa modern, bahasa sulit dipahami) Novel II (bahasa sastra lama, bahasa gampang dipahami) |
D. | Novel I (bahasa modern, bahasa sulit dipahami) Novel II (bahasa modern, bahasa gampang dipahami) |
![]() Latar tempat pada kutipan naskah drama tersebut ialah …. |
A. | ruang rapat |
B. | wilayah konflik |
C. | posko bencana |
D. | daerah bencana |
![]() Konflik pada kutipan naskah drama tersebut ialah …. |
A. | orang renta yang masih menganggap anaknya masih balita |
B. | orang renta tidak memahami makna keadilan yang tuntut anaknya |
C. | seorang anak yang bentrok dengan polisi alasannya menuntut keadilan |
D. | orang renta mencemaskan salah seorang anaknya yang belum pulang |
![]() Catatan buku harian yang sempurna menurut gambaran tersebut ialah … |
A. | Kamis, 11 September 2014, ulangan Bahasa Indonesia dibagikan. Aku menerima nilai tertinggi. Aku aib pada diriku sendiri alasannya menyontek. Maafkan saya telah mengkhianati kepercayaanmu guruku. Aku aib pada-Mu, Tuhan. Janjiku, takkan pernah ada lagi kata “menyontek†di kamus hidupku. |
B. | Kamis, 11 September 2014, ulangan Bahasa Indonesia. Aku menerima nilai tertinggi, tetapi hasil menyontek. Aku aib alasannya Bu Ita menegurku. Maafkan saya telah mengkhianati kepercayaanmu guruku. Aku aib pada-Mu, Tuhan. Janjiku, saya tidak akan pernah menyontek lagi selama hidupku. |
C. | Kamis, 11 September 2014, hari yang sangat membanggakan buatku. Ulangan Bahasa Indonesia dibagikan. Aku menerima nilai tertinggi. Rasa aib pada diriku sendiri begitu dalam. Maafkan saya guruku alasannya saya menyontek. Aku aib pada-Mu, Tuhan. Aku bertekad takkan lagi menyontek. |
D. | Kamis, 11 September 2014, ulangan Bahasa Indonesia dibagikan. Santi menerima nilai tertinggi. Namun, Santi aib pada diri sendiri alasannya menyontek. Ia pun meminta maaf alasannya mengkhianati kepercayaan Bu Ita. Ia juga aib kepada Tuhan. Ia berjanji tidak akan menyontek ketika ulangan. |
![]() Pesan singkat yang sempurna disampaikan Pembina OSIS kepada Ketua OSIS ialah … |
A. | Buat pengumuman penggalangan dana seluruh siswa bagi korban banjir paling lambat 2 September 2014. Umumkan mulai 26 September 2013. |
B. | Galang dana dari seluruh siswa untuk korban banjir. Penyerahan paling lambat 26 September 2014. Sosialisasikan mulai 2 September 2014. |
C. | Tolong, galang dana dari seluruh siswa bagi korban banjir. Penyerahan paling lambat 26 September 2014. Salurkan mulai 2 September 2014. |
D. | Umumkan kepada seluruh siswa biar mengumpulkan sumbangan bagi korban banjir paling lambat 2 September 2014. Bagikan 26 September 2014. |
![]() Susunan paragraf laporan yang padu menurut kalimat-kalimat tersebut ialah …. |
A. | (1) – (3) – (2) – (5) – (4) |
B. | (2) – (5) – (1) – (4) – (3) |
C. | (3) – (4) – (1) – (2) – (5) |
D. | (5) – (2) – (1) – (4) – (5) |
![]() Isi pengumuman yang sempurna menurut gambaran tersebut ialah … |
A. | Kegiatan Tanam Pohon Bersama akan dilaksanakan pada 26 September. Warga sekolah sanggup menyumbangkan satu flora paling lambat 24 September 2014. |
B. | Pemberitahuan ditujukan kepada seluruh siswa bahwa sekolah akan mengadakan kegiatan Tanam Pohon Bersama pada tanggal 24 s.d. 26 September 2014. |
C. | Tanam Pohon Bersama akan dilaksanakan pada 26 September 2014. Diharapkan temanteman sanggup menyumbangkan satu flora paling lambat 24 September 2014. |
D. | Seluruh siswa diimbau sanggup menyumbangkan satu flora untuk kegiatan Tanam Pohon Bersama di sekolah paling lambat 24 September 2013. |
![]() Paragraf resensi yang sempurna sesuai data buku tersebut ialah … |
A. | Buku Optimalkan Peran Otak karangan Qaulan Tsaqila, diterbitkan pada tahun 2012. Buku ini mempunyai tampilan yang digarap secara baik. Bahasa yang digunakannya sangat komunikatif, sehingga memudahkan pembaca memahaminya. |
B. | Buku Optimalkan Peran Otak ditulis oleh Qaulan Tsaqila. Buku ini mulai diedarkan tahun 2012. Buku ini sangat bermanfaat alasannya bisa menjadi pedoman bagi pelajar dalam memaksimalkan potensi otaknya. Bahasanya sangat gampang dipahami, sehingga memudahkan pembaca. |
C. | Buku Optimalkan Peran Otak karangan Qaulan Tsaqila ini mempunyai keunggulan alasannya bisa menjadi pedoman bagi pelajar dalam memaksimalkan potensi otaknya. Sayang bahasanya sangat komunikatif, sehingga memudahkan pembaca memahaminya. Kemudian, ada yang sedikit mengganggu, tampilan sampul buku ini yang terkesan sangat seadanya. |
D. | Buku Optimalkan Peran Otak ditulis oleh Qaulan Tsaqila. Buku yang mulai diedarkan tahun 2012 ini bisa menjadi pedoman bagi pelajar dalam memaksimalkan potensi otaknya. Bahasa yang digunakannya sangat gampang dipahami, sehingga memudahkan pembaca. Meski sampul buku terkesan seadanya, buku ini tetap layak dibaca. |
![]() Bagian pembuka yang sempurna untuk melengkapi surat tersebut ialah … |
A. | Maaf gres membalas suratmu. |
B. | Apa kabar? Semoga baik, ya. |
C. | Jangan bosan kirim surat padaku! |
D. | Semoga kita sanggup bertemu kembali. |
![]() Kalimat epilog yang sempurna untuk melengkapi surat tersebut ialah … |
A. | Demikian seruan ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih. |
B. | Demikian seruan ini kami sampaikan. Atas kolaborasi Saudara, diucapkan terima kasih. |
C. | Demikian seruan ini kami sampaikan. Atas perhatian Ibu, kami ucapkan terima kasih. |
D. | Demikian seruan ini kami sampaikan. Atas perhatian Saudara, diucapkan terima kasih. |
![]() Penulisan surat pembaca yang sesuai dengan gambaran tersebut ialah … |
A. | Saya sebagai Ketua OSIS Sekolah Menengah Pertama Harapan, memberikan keluhan teman-teman ihwal lingkungan sekolah yang kurang nyaman. Hal itu berkaitan dengan sering tersumbatnya kanal air di kamar kecil. Saya mohon Kepala Sekolah biar segera memberi solusi untuk duduk perkara tersebut. |
B. | Saya sebagai Ketua OSIS Sekolah Menengah Pertama Harapan, memberikan keluhan teman-teman ihwal lingkungan sekolah yang kurang nyaman. Hal itu berkaitan dengan sering tersumbatnya kanal air di kamar kecil. Dengan keadaan menyerupai itu kami merasa kurang nyaman. |
C. | Kami memberikan keluhan teman-teman ihwal lingkungan sekolah yang kurang nyaman. Hal itu berkaitan dengan sering tersumbatnya kanal air di kamar kecil. Kami mohon pihak sekolah biar segera memberi solusi untuk duduk perkara tersebut. |
D. | Saya sebagai Ketua OSIS Sekolah Menengah Pertama Harapan, memberikan keluhan teman-teman ihwal lingkungan sekolah yang kurang nyaman. Hal itu berkaitan dengan sering tersumbatnya kanal air di kamar kecil. Saya mohon kepada pihak terkait biar segera memberi solusi untuk duduk perkara tersebut. |
![]() Rangkuman bacaan tersebut ialah … |
A. | Penderita pengecilan otak akan mengalami keterlambatan dalam memberikan sebuah informasi. |
B. | Melihat gambar porno sanggup menimbulkan kecanduan yang mengakibatkan otak cuilan tengah depan secara fisik mengecil. |
C. | Melihat gambar porno mengakibatkan kecanduan. Hal itu disampaikan pada seminar ihwal dampak pornografi terhadap kerusakan otak. |
D. | Hasil penelitian hebat bedah syaraf Amerika menyatakan kecanduan melihat gambar porno mengakibatkan penderita mengalami keterlambatan. |
![]() Teks informasi yang sesuai dengan fakta tersebut ialah … |
A. | Filipina pernah diterjang tornado Haiyan. Topan ini bisa menimbulkan banjir setinggi 4 meter di banyak lokasi, sanggup menewaskan 255 orang, dan menciptakan hampir 630.000 orang harus mengungsi. |
B. | Topan Haiyan dilaporkan telah menerjang Filipina. Topan tersebut mengakibatkan banjir setinggi 4 meter di banyak lokasi. Akibatnya, 255 korban tewas dan hampir 630.000 orang harus mengungsi. |
C. | Filipina telah diterjang tornado Haiyan. Topan ini telah menimbulkan kerusakan yang luar biasa, yaitu banjir setinggi 4 meter yang ratusan korban tewas. |
D. | Filipina diterjang tornado Haiyan. Sungguh mengerikan akhir tornado ini. Ada 255 korban tewas dan hampir 630.000 orang harus mengungsi. Topan tersebut selain berakibat korban jiwa juga harta. |
![]() Slogan yang sempurna dibentuk oleh Ketua OSIS ialah …. |
A. | Hidup sehat, hidup pilihan |
B. | Hidup bersih, pikiran jernih |
C. | Pikiran jernih, bebas pikiran |
D. | Bersih diri, higienis lingkungan |
![]() Iklan baris yang sesuai dengan gambaran tersebut adalah… |
A. | BU, rmh mwh, LT/LB 400/500, 2 LN, 3 KT, 2 KM, grs. Harga 500 jt. Jkt. Hub.021.7533334 |
B. | Jual cpt, BU, rmh mwh, LT/LB 400/500, 2 LN, 3 KT, 2 KM, grs, klm rng. Jkt. Hub.021.7533334. |
C. | Jual cpt, BU, rmh mwh, LT/LB 400/500, 2 LN, 3 KT, 2 KM, grs, klm rng. Harga 500 jt. Jkt. Hub.021.7533304. |
D. | BU, rmh mwh, LT/LB 400/500, 2 LN, 3 KT, 2 KM, grs. Harga 400 jt. Jakarta. Hub.021.7533334 |
![]() Kalimat yang sempurna untuk melengkapi petunjuk tersebut ialah … |
A. | (3) Hubungi call center kereta api. (5) Tukarkan alat bukti bayar dari ATM ke loket penukaran di stasiun kereta api. |
B. | (3) Catatlah nomor KTP/identitas lain yang Anda miliki. (5) Pulanglah ke rumah sambil menunggu keberangkatan. |
C. | (3) Bawalah KTP ke stasiun kereta api terdekat. (5) Tukarkan alat bukti bayar dari ATM ke loket penukaran di stasiun kereta api. |
D. | (3) Hubungi call center kereta api. (5) Bawalah alat bukti bayar dari ATM ke stasiun kereta api untuk siap berangkat. |
![]() Agar menjadi petunjuk yang runtut, urutan yang sempurna ialah …. |
A. | (1) – (3) – (2) – (5) – (4) |
B. | (3) – (4) – (1) – (5) – (2) |
C. | (4) – (3) – (1) – (5) – (2) |
D. | (5) – (2) – (1) – (4) – (5) |
![]() Pembuka teks pidato yang sesuai dengan gambaran tersebut adalah… |
A. | Kegiatan ini diadakan biar kalian mempunyai semangat berguru menjelang UN. Dengan semangat berguru yang tinggi, Bapak berharap kalian sanggup meraih nilai UN yang tinggi pula. |
B. | Demikian sambutan yang sanggup Bapak sampaikan. Pesan Bapak, simak baik-baik apa yang nanti disampaikan motivator, sehingga kalian memperoleh manfaat dari kegiatan ini. |
C. | Ujian Nasional telah kalian laksanakan. Saatnya kita berdoa kepada Tuhan, semoga tanggapan yang kalian pilih ialah yang benar, sehingga nilai yang sanggup kalian raih maksimal. |
D. | Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memperlihatkan kesehatan dan kesempatan kepada kita, sehingga kita sanggup mengikuti donasi motivasi ini. |
![]() Kalimat yang sempurna untuk melengkapi cuilan rumpang pada teks pidato tersebut ialah … |
A. | Oleh alasannya itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh kita sebagai orang renta untuk membantu anak bergaul di dunia luar. |
B. | Banyak pola sikap siswa di sekolah yang kurang baik, menyerupai tidak menghormati guru, pacaran berlebihan, bullying, dan masih banyak lagi. |
C. | Mudah-mudahan kita menjadi generasi berkarakter yang akan membawa bangsa dan negara kita ke arah yang lebih baik. |
D. | Namun, orang renta harus membuka wawasan terhadap perkembangan abjad si anak yang mestinya dipahami oleh orang tua. |
![]() Rumusan duduk perkara yang sesuai dengan tema tersebut ialah … |
A. | Mengapa media internet meningkatkan prestasi berguru siswa? |
B. | Apakah dengan media internet prestasi berguru siswa meningkat? |
C. | Kapankah prestasi berguru sanggup meningkat alasannya media internet? |
D. | Bagaimanakah media internet sanggup meningkatkan prestasi belajar? |
![]() Saran yang sesuai dengan simpulan tersebut ialah … |
A. | Gunakan penetasan secara tradisional alasannya jadinya banyak dan biaya lebih hemat. |
B. | Lebih baik menetaskan telur ayam secara tradisional, meskipun jadinya terbatas. |
C. | Bila ingin menetaskan telur ayam dalam jumlah banyak, gunakan mesin penetas. |
D. | Cara penetasan telur ayam secara tradisional mempunyai risiko gagal sangat kecil. |
![]() Penulisan daftar pustaka yang sempurna menurut data buku tersebut ialah … |
A. | Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia. Wiyanto, Asul. 2005. Kesusasteraan Sekolah. Jakarta: Grasindo. |
B. | Gorys, Keraf. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia. Asul,Wiyanto. 2005. Kesusasteraan Sekolah. Jakarta: Grasindo. |
C. | Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Gramedia: Jakarta. Wiyanto, Asul. 2005. Kesusasteraan Sekolah. Grasindo: Jakarta. |
D. | Keraf, Gorys. Argumentasi dan Narasi. 2007. Jakarta: Gramedia. Wiyanto, Asul. Kesusasteraan Sekolah. 2005.Jakarta: Grasindo. |
![]() Perbaikan kalimat tersebut biar menjadi kalimat efektif ialah … |
A. | Listrik cukup umur ini telah menjadi cuilan yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. |
B. | Listrik cukup umur ini telah menjadi tempat cuilan yang tak terpisahkan dari sejumlah kehidupan warga masyarakat. |
C. | Listrik ketika cukup umur ini telah menjadi cuilan yang tak terpisahkan dari sejumlah kehidupan warga masyarakat. |
D. | Listrik ketika cukup umur ini telah menjadi tempat cuilan yang tak terpisahkan dari sejumlah kehidupan masyarakat. |
![]() Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut ialah … |
A. | Setiap penerima ujian harap menyiapkan: pulpen, pensil 2B penghapus, dan rautan. |
B. | Setiap penerima ujian harap menyiapkan; pulpen, pensil 2B penghapus dan rautan. |
C. | Setiap penerima ujian harap menyiapkan pulpen, pensil 2B, penghapus, dan rautan. |
D. | Setiap penerima ujian, harap menyiapkan: pulpen, pensil 2B penghapus, dan rautan. |
![]() Perbaikan pemakaian kata bercetak miring pada paragraf tersebut ialah …. |
A. | (1) berkualitas, (2) aktivitasku, (3) memanjatkan |
B. | (1) bermutu, (2) usahaku, (3) mengatakan |
C. | (1) pandai, (2) kondisiku, (3) mengabulkan |
D. | (1) berprestasi, (2) upayaku, (3) menghargai |
![]() Bagian isi yang sempurna untuk melengkapi pantun tersebut ialah …. |
A. | (1) Sadarlah makhluk ciptaan Tuhan (2) Jalankan semua perintah kewajiban |
B. | (1) Jika ingin sukses dalam pergaulan (2) Teman susah haruslah kita tolong |
C. | (1) Ayo, mitra berguru kelompok (2) Ujian Nasional di depan mata |
D. | (1) Jika sikap kita sombong (2) Alamat tubuh akan binasa |
![]() Larik bermajas yang sempurna untuk melengkapi puisi tersebut ialah …. |
A. | Bencana alam pun melanda | |
B. | Hingga alam tumpahkan murka | |
C. | Gunung meletus semburkan lava | |
D. | Tak bersyukur atas nikmat-Mu | |
![]() Dialog yang sempurna untuk melengkapi naskah drama tersebut ialah … |
A. | (1) Katanya tidak perlu dubangunkan! (2) Ya, Bu. Amanda tidak akan ulangi lagi. | ||
B. | (1) Maafkan Amanda, Bu. (2) Besuk tidak akan diulangi lagi. | ||
C. | (1) Segera sarapan pagi, ya! (2) Amanda berangkat dulu ya, Bu! | ||
D. | (1) Mandi dan segera sarapan! (2) Iya, Ibuku tersayang. |