Cara Meningkatkan Trafik Dan Audiens Blog Secara Cepat!
Setelah Anda mulai menulis dan membangun blog gres Anda..,
Dan blog Anda mulai mendapat trafik serta jawaban dari audiens Anda, selanjutnya....
..,Anda mungkin gres melihat peluang yang ada dalam dunia blogging, dan begitu berharap bisa menjadi menyerupai blogger-blogger kawakan yang ada.
Meningkatkan Trafik dan Audiens Blog
Dan kini anda ingin sekali mengembangkan dan meningkatkan trafik serta audiens blog Anda.
Atau bahkan mungkin anda yang sudah usang berkecimpung didunia blogging namun belum mendapat audiens menyerupai yang Anda harapkan, dan Anda ingin mendapat lebih banyak pembaca/ audiens?
Jika IYA, oke ayo kita berusaha dan bekerja bersama.
Selama lebih dari setahun terakhir ini saya telah memulai dan menulis di blog mencar ilmu dan info Awambicara ID ini.
Seiring perkembangan waktu, saya mulai paham sedikit banyaknya mengenai dunia blogging.
Perlahan namun niscaya saya pun mulai menerapkan apa yang telah saya pelajari dan pahami untuk mengembangkan, membangun serta meningkatkan trafik dan audiens blog mencar ilmu dan informasi: Awambicara ID ini.
Perlahan namun niscaya saya pun mulai menerapkan apa yang telah saya pelajari dan pahami untuk mengembangkan, membangun serta meningkatkan trafik dan audiens blog mencar ilmu dan informasi: Awambicara ID ini.
Awalnya saya menulis perihal hukum, bagaimana cara berhadapan dengan hukum, memahami aturan di Indonesia serta menawarkan informasi-informasi terkait dunia peradilan Indonesia.
Kemudian blog ini saya kembangkan, dengan mulai menulis bermacam-macam info dan menjadi media mencar ilmu menyerupai pembahasan menghadapi ujian, baik itu ujian sekolah, SBMPTN, maupun seleksi penerimaan Pegawai Negeri, Swasta dan BUMN, serta mencar ilmu bahasa Inggris.
Semua saya tulis dan publish di blog ini awalnya semata-mata ialah untuk berbagi, serta supaya menjadi wadah untuk mencar ilmu bersama.
Dan hasilnya, saya rasa banyak pengunjung yang kembali tiba lagi ke blog awambicara ini.
Sebenarnya apa yang akan saya bahas ini sedikit bertentangan dengan judul yang saya buat.
Karena dari pengalaman saya, meningkatkan trafik blog itu tidak sanggup dilakukan secara instan dan cepat.
Karena dari pengalaman saya, meningkatkan trafik blog itu tidak sanggup dilakukan secara instan dan cepat.
Semua butuh proses, apalagi kalau kita ingin bermain aman, yakni esuai dengan kebijakan dari google, terutama google search engine.
Jika kita tidak mau blog kita dibanned oleh google, yang oleh para blogger lebih dikenal dengan sandbox.
Dan kalau sudah demikian, perlahan namun niscaya blog kita akan karam dan hilang dari mesin pencarian google.
Akibatnya, ya.., sudah niscaya blog kita tidak akan pernah mendapat trafik organik dari search engine.
Akibatnya, ya.., sudah niscaya blog kita tidak akan pernah mendapat trafik organik dari search engine.
Jadi, mengembangkan dan meningkatkan trafik pembaca Blog tidak bisa juga dikatakan sanggup dilakukan dalam waktu yang relatif singkat.
Akan tetapi tidak juga bisa dikatakan sangat lambat.
Akan tetapi tidak juga bisa dikatakan sangat lambat.
Namun tepatnya kita sanggup mengembangkan blog dalam waktu yang setidaknya sama menyerupai blogger-blogger yang telah sukses yang pernah ada.
Baca: Cara Menghasilkan Uang dari Google dengan Blog di Tahun 2020
Baca: Cara Menghasilkan Uang dari Google dengan Blog di Tahun 2020
Kunci utama untuk meningkatkan trafik dan mendatangkan Audiens atau pembaca blog dengan cepat ialah Konten.
Ah.., semua blogger pun tahu kalau konten ialah inti dari blog.
Iya.., Anda benar sekali, konten ialah rajanya.
Namun apakah Anda tahu, konten menyerupai apa yang bisa meningkatkan trafik dan mendatangkan audiens yang cukup tinggi?
Jawabannya adalah: Konten Berkualitas.
Pertanyaan yang timbul kini adalah, konten berkualitas itu, konten yang menyerupai apa?
Singkat saja, konten berkualitas itu ialah konten yang bermanfaat bagi pembaca/ audiens, yakni konten yang sanggup menawarkan solusi bagi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh audiens, yang dicarinya di search engine.
Google, yang dalam hal ini ialah perusahaan terbesar dunia yang fokus pada pencarian/ search engine pun sangat menekankan hal ini.
Yakni, mengenai konten yang relevan, berkualitas dan bermanfaat.
Konten yang relevan, berkualitas dan bermanfaat tentu saja akan sangat membantu blog Anda berkembang dengan cepat.
Namun, bagaimana kalau konten yang kita bahas sudah pernah atau sudah banyak dibahas para blogger ataupun media-media online besar yang ada?
Memang tidak bisa kita pungkiri, blog yang telah mempunyai reputasi sangat baik serta mempunyai konten yang relevan, berkualitas dan bermanfaat sangat susah untuk kita saingi.
Apalagi media-media besar, sekelas detik, tribun, dan lain sebagainya, yang mempunyai suntikan dana serta modal yang cukup besar untuk dihabiskan demi meningkatkan trafik dan mendapat audiens/ pembaca.
Namun, walaupun demikian, jangan berkecil hati.
Awalnya saya pun demikian, merasa pesimis, berkecil hati menyerupai itu.
Akan tetapi sehabis saya mulai menciptakan dan menulis konten saya sendiri, yang awalnya saya tidak pernah berharap akan mendapat jawaban yang cukup baik dari para pembaca blog saya menyerupai kini ini, ternyata mendapat kawasan tersendiri dihati pembaca.
Dan setahun berlalu, blog ini telah berhasil menempati peringkat 190-an ribu alexa, dengan trafik diatas 8.000 UV.
Bagi saya dengan jumlah trafik segitu itu sangatlah luar biasa besar, walaupun mungkin bagi blogger-blogger lainnya trafik segitu masihlah kecil.
Bagi saya dengan jumlah trafik segitu itu sangatlah luar biasa besar, walaupun mungkin bagi blogger-blogger lainnya trafik segitu masihlah kecil.
Namun, walaupun hanya mendapat trafik 8.000 Unique Visitor setiap harinya, saya masih sangat bersyukur, alasannya bagi sebagian besar blogger lainnya, untuk mendapat trafik 500 UV saja masihlah terasa sangat susah.
Baiklah, tanpa harus berpanjang lebar lagi, saya akan menawarkan semua yang menjadi pengalaman saya, untuk anda dalam meningkatkan trafik dan mengembangkan blog Anda.
Blogger itu Kreatif
Hal pertama yang saya pelajari dalam dunia blogging ialah bahwa untuk menjadi blogger yang berhasil, kita harus kreatif.
Mengapa demikian?
Karena, sebagaimana kita ketahui, ketika ini semua info telah ada di internet.
Tidak percaya?
Coba saja untuk mencari apa saja di google search engine, maka anda akan dihadapkan pada hasil pencarian yang menampilkan konten yang relevan dengan apa yang Anda cari.
Coba saja untuk mencari apa saja di google search engine, maka anda akan dihadapkan pada hasil pencarian yang menampilkan konten yang relevan dengan apa yang Anda cari.
Jadi, bagaimana cara semoga apa yang kita buat dan tulis masuk dalam halaman pertama hasil pencarian google?
Sedangkan apa-apa yang akan kita tulis telah banyak ditulis oleh blogger-blogger lainnya?
Sedangkan apa-apa yang akan kita tulis telah banyak ditulis oleh blogger-blogger lainnya?
Disinilah saya memahami bahwa untuk menjadi seorang blogger kita harus lebih kreatif, dari blogger-blogger lainnya.
Mungkin secara teori, Anda juga niscaya memahaminya, tapi bagaimana dengan prakteknya?
Apakah kita bisa menjadi lebih kreatif dari blogger lainnya?
Apakah kita bisa menjadi lebih kreatif dari blogger lainnya?
Nah, untuk itu, disinilah saya akan menawarkan teladan untuk Anda bagaimana menjadi seorang blogger yang kreatif.
Saya menulis belahan mencar ilmu blog ini, bukan berarti saya ialah seorang yang pakar dalam dunia blogging, namun lebih kepada saya ingin membuatkan dan mencar ilmu bersama.
Yang mana, dengan membuatkan menawarkan sesuatu yang bermanfaat ialah salah satu ciri konten yang berkualitas.
Saya menulis belahan mencar ilmu blog ini alasannya banyak dari teman-teman media umum saya, menyerupai google+, facebook dan sebagainya menanyakan, bagaimana saya bisa mendapat trafik yang tidak mengecewakan banyak, serta kiat-kiat apa saja yang saya lakukan.
Saya menulis belahan mencar ilmu blog ini alasannya banyak dari teman-teman media umum saya, menyerupai google+, facebook dan sebagainya menanyakan, bagaimana saya bisa mendapat trafik yang tidak mengecewakan banyak, serta kiat-kiat apa saja yang saya lakukan.
Makara apa yang akan saya berikan ini telah sering saya berikan kepada teman-teman media sosial, sesama blogger saya.
Menjadi Blogger yang Kreatif
Untuk menjadi seorang blogger yang kreatif, pertama kita harus keluar dari apa yang selama ini kita pahami perihal blog.
Untuk sementara ini, saya harap Anda sanggup melupakan terlebih duhulu mengenai teknis blogging, menyerupai tampilan blog, templates, SEO, dan lain sebagainya.
Cobalah untuk berfikir out of the box, berpikir diluar kotak.
Saya juga dulu menyerupai itu, banyak membaca pengalaman blogger-blogger lain di Internet perihal dunia blogging, teknis blogging, meningkatkan trafik blog, templates yang responsif, SEO friendly dan lain sebagainya.
Sehingga apa yang menjadi ilham dan tujuan awal saya untuk ngeblog telah bercampur aduk dengan banyaknya ide-ide dan bermacam-macam tujuan serta keinginan yang akan saya tulis di blog saya.
Untuk itu, cobalah untuk FOKUS.
Kembangkanlah ilham awal Anda dalam ngeblog.
Jangan terpengaruh dengan keberhasilan orang lain, jangan terpengaruh dengan studi-studi masalah yang dilakukan oleh blogger lain dalam meningkatkan trafik dan audiens blog mereka.
Tapi FOKUS lah pada apa yang menjadi ilham awal Anda dalam ngeblog.
Kalaupun Anda ingin mencar ilmu perihal teknis blogging, cukuplah apa yang menjadi pengalaman orang lain, studi-studi masalah yang dibentuk orang lain, menjadi materi pembelajaran Anda dan untuk disimpan hingga dikemudian hari nanti pada saatnya akan Anda gunakan.
Dan kalau nanti sehabis Anda berhasil membesarkan blog Anda dari ilham original Anda sendiri, barulah Anda beralih ke teknis-teknis blogging, beralih dengan menciptakan studi-studi masalah Anda sendiri serta mengembangkan pengalaman ngeblog Anda sendiri.
Bahkan dari pengalaman saya ini, Anda tidak harus mengikutinya secara detail, cukup pahami maksud dan inti dari goresan pena saya ini.
Kemudian, kembangkan di ilham awal dan asli Anda.
Kemudian, kembangkan di ilham awal dan asli Anda.
Jika sudah demikian, maka untuk menjadi seorang blogger yang kreatif akan sangat gampang untuk Anda lakukan.
Saya contohkan:
Seperti yang saya katakan tadi, saya mencar ilmu ngeblog dengan membaca disana-sini, dan kesudahannya ilham asli saya sendiri berkembang ke segala penjuru arah.
Hingga pada kesudahannya menciptakan saya bisa dibilang hilang arah dan "tersesat".
Hingga pada kesudahannya menciptakan saya bisa dibilang hilang arah dan "tersesat".
Saya hingga menciptakan dan mendaftarkan lebih dari 3 blog, yang pada kesudahannya kesemua blog saya tadi tidak ada yang keurus.
Lalu kemudian, saya fokus pada satu blog.
Mengapa saya bisa kembali fokus pada satu blog ini sebenarnya bisa dikatakan alasannya ketidaksengajaan.
Lalu kemudian, saya fokus pada satu blog.
Mengapa saya bisa kembali fokus pada satu blog ini sebenarnya bisa dikatakan alasannya ketidaksengajaan.
Jadi.., ceritanya saya mempunyai satu blog wisata. Saat itu kalau tidak salah sekitar bulan September-Oktober 2017.
Saya kepikiran untuk menciptakan serangkaian daftar artikel atau konten yang membahas perihal Tahun Baru.
Saya coba untuk search di google search engine, dan hasilnya ialah diperingkat pertama google yang muncul ialah konten-konten dari media-media besar menyerupai detik, kompas, liputan6, tribunnews dan sebagainya.
Dan itupun ialah konten-konten lama, yang membahas perihal Tahun Baru 2017.
Dari sini, kemudian terpikirkan oleh saya untuk menciptakan daftar konten perihal Tahun Baru 2018, yang membahas semua hal perihal program tahun baru.
Mulai dari kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan pada ketika tahun baru, promo-promo yang diberikan oleh hotel, cafe atau kawasan hiburan yang menyelenggarakan tahun baru.
Hingga pada tema aktivitas program tahun gres yang diselenggarakan dihotel, cafe dan tempat-tempat hiburan.
Sampai disini, mungkin ada sebagian dari Anda yang sudah mulai memahami apa yang akan saya sampaikan.
Yakni perihal dari mana saya mendapat materi konten perihal tahun gres yang akan saya buat.
Yakni perihal dari mana saya mendapat materi konten perihal tahun gres yang akan saya buat.
Nah, kalau pada titik ini Anda mempunyai citra dari mana saya mendapat materi untuk konten tahun gres saya, berarti Anda sudah termasuk blogger yang kreatif.
Iya, Anda kreatif.
Namun, untuk Anda yang belum sanggup memahaminya, akan saya jelaskan:
Saya mendapat materi untuk konten dengan tema Tahun Baru 2018 yang kemudian ialah dengan cara, saya hubungi hotel-hotel, cafe, tempat-tempat hiburan yang setiap tahunnya biasa mengadakan program perayaan malam tahun gres via email, whatsapp, telpon dan sebagainya.
Saya mendapat materi untuk konten dengan tema Tahun Baru 2018 yang kemudian ialah dengan cara, saya hubungi hotel-hotel, cafe, tempat-tempat hiburan yang setiap tahunnya biasa mengadakan program perayaan malam tahun gres via email, whatsapp, telpon dan sebagainya.
Saya tanyakan kepada mereka apakah mereka punya program khusus dalam menyambut tahun gres 2018 nanti?
Saya tanyakan juga, apakah saya bisa mendapat brosur, atau mendapat materi program yang akan mereka buat, tema program mereka, tamu atau artis yang mereka undang, doorprize dan diskon-diskon khusus yang mereka berikan, dan lain sebagainya.
Saya jelaskan juga pada mereka bahwa, saya ingin menciptakan konten perihal tahun gres 2018 diblog wisata saya, dan juga menciptakan konten program tahun gres 2018 yang akan mereka adakan.
Bagaimana? Apakah pada titik ini, Anda sudah paham maksud saya?
Mengenai bagaimana menjadi blogger yang kreatif?
Mengenai bagaimana menjadi blogger yang kreatif?
Dan tahukah Anda apa yang saya dapatkan? Bagaimana jawaban mereka?
Ternyata, lebih dari setengah hotel, cafe, tempat-tempat hiburan yang saya hubungi membalas email, whatsapp saya.
Mereka berikan semua yang saya minta.
Lengkap dengan media pendukungnya, menyerupai foto, dan sebagainya.
Lengkap dengan media pendukungnya, menyerupai foto, dan sebagainya.
Dan ini menjadi laba lain yang saya dapatkan, yakni saya mendapat foto asli tanpa takut terkena klaim hak cipta.
Mereka bahkan meminta untuk mengirimkan link konten yang telah saya buat mengenai program tahun gres ditempat mereka via email.
Dan hal ini saya lakukan di hampir semua hotel, cafe, tempat-tempat hiburan diberbagai kota besar di Indonesia.
Dan hal ini saya lakukan di hampir semua hotel, cafe, tempat-tempat hiburan diberbagai kota besar di Indonesia.
Anda tahu apa yang saya hasilkan?
Blog saya ialah blog pertama yang membahas perihal itu, perihal Tahun Baru 2018 secara lengkap.
Dan menyerupai asumsi Anda, blog saya mengalahkan media-media besar semacan detik, tribunnews, liputan6, kompas dan lain sebagainya.
Saat itu, kata kunci "Tema Tahun Baru 2018", "Tahun Baru 2018", "Acara Tahun Baru 2018 di Palembang", dan masih banyak lagi yang lainnya, blog saya bertengger di halaman pertama google.
Bahkan cukup usang berada dipuncak hasil pencarian google search engine, dengan kata-kata kunci tersebut.
Selang berapa usang kemudian, ketika saya melihat laporan google webmaster saya..,
.., saya mendapat banyak sekali backlink-backlink berkualitas dari situs-situs hotel, cafe, tempat-tempat hiburan yang saya bahas di blog saya.
Selang berapa usang kemudian, ketika saya melihat laporan google webmaster saya..,
.., saya mendapat banyak sekali backlink-backlink berkualitas dari situs-situs hotel, cafe, tempat-tempat hiburan yang saya bahas di blog saya.
Jika saja saya melilhat ini dari sisi materi, tentu saya tidak akan mau mempromosikan hotel, cafe atau tempat-tempat hiburan di blog saya secara gratis bukan?
Tapi sekali lagi saya katakan, saya memang membahas mereka secara gratis, tanpa dibayar, namun walaupun demikian saya mendapat beberapa keuntungan, seperti:
- Backlink berkualitas, gratis.
- Trafik
- Reputasi blog
Dari pengalaman saya tadi, tentu Anda sudah mulai paham bukan, bagaimana untuk menjadi blogger yang kreatif?
Itu ialah salah satu teladan kecil yang bisa Anda dan saya ambil pelajaran darinya.
Serta tentu saja, hal ini sanggup kita terapkan diberbagai macam niche blog yang kita bahas.
Sebagaimana telah saya terapkan di blog Awambicara dan blog-blog saya yang lainnya.
Konten Unik dan Bermanfaat
Seorang blogger yang kreatif itu sudah menjadi suatu keharusan (menurut saya). Karena kalau kita kreatif, maka menciptakan sebuah konten yang orosinil itu akan terasa gampang dan lancar.
Karena, kita tahu bahwa Konten ialah hal yang utama dari sebuah blog.
Dan konten yang asli serta original ialah sebuah syarat mutlak kalau kita ingin blog kita mendapat banyak trafik serta mempunyai audiens yang setia.
Selain konten yang asli atau original buatan kita sendiri, selanjutnya ialah kita harus menciptakan dan menulis konten yang unik serta berbeda dari yang lainnya.
Walaupun apa yang akan Anda bahas telah dibahas oleh blog ataupun media besar lainnya, tetaplah tulis konten tersebut sesuai dengan apa yang Anda alami dan hadapi.
Artinya, tulislah berdasarkan pengalaman dan gaya penulisan Anda sendiri.
Pastinya tidak akan sama (unik) dan berbeda dengan yang ada di blog atau media lainnya.
Jika Anda merasa Anda kurang bisa untuk menciptakan konten Anda menjadi unik dan berbeda, serta merasa kurang bisa menyaingi konten blog lainnya, yang Anda lakukan selanjutnya ialah "banyak membaca".
Ikuti dan baca konten dari blog-blog lain yang membahas hal yang sama dengan apa yang ingin Anda tulis.
Kemudian, tulis konten Anda sendiri, dengan menerapkan apa yang anda ketahui dari membaca blog-blog lain, dan mengkombinasikannya dengan pengalaman Anda sendiri.
Pada dasarnya info apapun telah banyak di bahas dan banyak tersebar di internet.
Yang membedakannya cuma satu, yakni pengalaman yang menciptakan konten.
Walaupun konten yang dibahas itu sama, namun pengalaman si pembuat konten tentu tidak akan sama, alasannya itu sudah niscaya yang dihasilkanpun akan unik dan berbeda.
Dari apa yang telah saya bahas diatas, saya sanggup menyimpulkan satu hal, yakni:
"Blogger yang hanya bisa COPAS, selamanya tidak akan pernah menjadi blogger yang kreatif"
Walaupun konten yang dibahas itu sama, namun pengalaman si pembuat konten tentu tidak akan sama, alasannya itu sudah niscaya yang dihasilkanpun akan unik dan berbeda.
Dari apa yang telah saya bahas diatas, saya sanggup menyimpulkan satu hal, yakni:
"Blogger yang hanya bisa COPAS, selamanya tidak akan pernah menjadi blogger yang kreatif"
Berikut ini ialah bagaimana cara menciptakan konten yang unik dan bermanfaat:
1. Menjadi Seorang Blogger yang Berguna dan Dikenal Pembaca
Satu hal yang ingin saya jelaskan disini.
Dikenal atau populer bukanlah tujuan utamanya disini, namun lebih kepada berkhasiat atau bermanfaat.
Jika apa yang anda berikan itu berkhasiat dan bermanfaat bagi para pembaca, maka dengan sendirinya anda akan dikenal, yang bergaris lurus dengan kesuksesan dan keberhasilan Anda.
Artinya, kalau anda bermanfaat, maka anda niscaya sukses.
Makara kuncinya lupakan dulu untuk menjadi blogger dikenal atau terkenal, tapi jadilah blogger yang berkhasiat dengan menghasilkan konten yang bermanfaat.
2. Melibatkan Pembaca Blog/ Berinteraksi dengan Audiens
Percayalah, Anda akan menjadi cepat bosan dan patah semangat untuk menulis, kalau para pembaca tidak memperhatikan Anda.
Untuk yang satu ini, percayalah saya sudah pernah mengalaminya.
Bisa Anda lihat diblog awambicara ini, tidak banyak komentar yang saya terima, namun perlahan-lahan blog ini mulai mendapat tanggapan.
Ketika banyak jawaban dan komen yang masuk, maka semangat ngeblog saya semakin menggebu-gebu, dan menjadi semacam pemicu semangat saya.
Bisa Anda lihat diblog awambicara ini, tidak banyak komentar yang saya terima, namun perlahan-lahan blog ini mulai mendapat tanggapan.
Ketika banyak jawaban dan komen yang masuk, maka semangat ngeblog saya semakin menggebu-gebu, dan menjadi semacam pemicu semangat saya.
Saya percaya.., Anda bukanlah orang yang gampang menyerah, tetapi yakinlah bahwa ada beberapa dari Anda akan mulai bosan dan meninggalkan blog Anda ketika Anda tidak melihat kemajuan apa pun di blog Anda.
Dan pada akhirnya, Anda tidak lagi menjadwalkan waktu Anda untuk menghasilkan goresan pena atau konten diblog Anda.
Jadi, apakah yang sanggup menyebabkan blog Anda istimewa dan berbeda dengan blog-blog lainnya?
3. Menjadi Kreatif, Cerdik dan Selangkah di Depan
Masih berdasarkan saya (berdasarkan pengalaman saya), seorang blogger itu harus kreatif, menyerupai yang telah saya jelaskan di atas.
Kreatifitas wajib dimiliki seseorang yang ingin terjun kedunia blogging.
Sebenarnya kreatifitas tidak hanya untuk dunia blogging saja, tapi juga hampir disemua bidang usaha.
Baik itu sebagai wirausaha, atau pengusaha, terlebih-lebih lagi kalau Anda ingin menjadi Youtuber dan mempunyai VLOG.
Dengan kretifitas yang tinggi, maka Anda akan menghasilkan sebuah produk (konten) yang unik, orisinal dan bermanfaat.
Sebenarnya kreatifitas tidak hanya untuk dunia blogging saja, tapi juga hampir disemua bidang usaha.
Baik itu sebagai wirausaha, atau pengusaha, terlebih-lebih lagi kalau Anda ingin menjadi Youtuber dan mempunyai VLOG.
Dengan kretifitas yang tinggi, maka Anda akan menghasilkan sebuah produk (konten) yang unik, orisinal dan bermanfaat.
Menjadi seorang blogger bukan hanya sekedar menjadi penulis saja, namun juga harus mempunyai banyak pengetahuan dibidang blogging.
Keterampilan menulis yang baik dan menarik memang penting dalam dunia blogging, namun percayalah, keterampilan menulis itu bukan segalanya.
Seorang yang bukan penulis professional juga bisa menjadi seorang blogger professional, alasannya inti dasar dari blogging ialah menawarkan info yang bermanfaat bagi pembaca atau audiens.
Bahkan, teknik penulisan yang sederhana dengan memakai bahasa sehari-hari dan gampang dipahami lebih menarik bagi seorang pembaca, yang penting info yang kita sampaikan benar-benar menawarkan manfaat dan menjadi solusi bagi permasalah yang dihadapi oleh audiens blog kita.
Karena intinya blogging itu ialah menawarkan sesuatu hal yang bermanfaat, bukan untuk menjadi penulis professional yang menghasilkan karya tulis berupa novel dan sebagainya.
Seorang blogger selain dituntut untuk kreatif, juga dituntut untuk berpikiran jauh kedepan, dituntut untuk menjadi seorang trendsetter.
Blogger yang kreatif ialah blogger yang bisa memanfaatkan apa saja yang dilihat, dialami dan ditemukan disekelilingnya untuk memajukan dan mengembangkan blognya.
Ia bisa melihat peluang yang ada, yang artinya ia bisa melihat jauh kedepan, bisa melihat apa yang tidak bisa dilihat oleh orang lain.
Dapat melihat jauh kedepan, berada selangkah didepan dalam info perihal apapun yang bisa dimanfaatkan dan menawarkan manfaat bagi orang lain/ audiens.
Berada satu langkah didepan bukan berarti haruslah seorang yang jenius, mempunyai pengetahuan yang luas, namun seorang Blogger yang berpikiran jauh kedepan ialah seorang blogger yang cerdik, dan banyak akal.
Cerdik dan banyak nalar bukanlah dalam hal yang negatif, menyerupai mencuri ilham dan kreatifitas orang lain, menyerupai COPAS artikel orang tanpa izin, tapi arif dan banyak nalar disini ialah dalam menciptakan sesuatu yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh orang lain.
Contohnya ialah menyerupai yang telah saya yakni mengenai pembahasan saya perihal tahun gres di blog wisata saya diatas.
Contohnya ialah menyerupai yang telah saya yakni mengenai pembahasan saya perihal tahun gres di blog wisata saya diatas.
Dan untuk menjadi blogger yang arif dan banyak akal, saya akan menawarkan teladan lain, dan tentu saja masih berdasarkan pengalaman saya sendiri;
Sebagai contoh: Saya bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Instansi Pengadilan Negeri dibawah Mahkamah Agung RI. Saya sering mendapati bahwa masyarakat kebingungan dalam mendapat info perihal bagaimana cara mendaftarkan perkara, bagaimana cara menjadi saksi, bagaimana cara menggugat, dan sebagainya.
Dan untuk itu, disinilah saya melihat peluang, nalar saya menyampaikan bahwa saya harus memanfaatkan ini. Tujuannya tidak lain, dan tidak bukan ialah untuk memudahkan masyarakat mendapat info perihal berperkara di pengadilan, itu saja.
Untuk itu jadilah blogger yang kreatif, arif dan selangkah didepan.
Kita sudah sangat paham bahwa konten yang berkualitas ialah segalanya.
Dan untuk menghasilkan konten yang berkualitas kita harus menjadi seorang blogger yang lebih kreatif, arif dan selangkah didepan.
Namun, semua itu tidak akan banyak mendukung juga kalau kita tidak memahami bagaimana cara memikat pembaca untuk melihat dan mengunjungi blog kita.
Dan pada tahapan ini, sudah saatnya Anda membuka dan mengingat kembali pelajaran yang telah Anda dapatkan mengenai teknis blogging, tampilan atau templates blog yang responsif, serta mengenai SEO.
Untuk menciptakan sebuah konten atau postingan yang efektif memikat pembaca itu ialah salah satu teknik SEO, dan bagaimana Cara Membuat Postingan Blog yang Efektif Memikat Pembaca anda bisa menuju link ini.
Belajar SEO
Setelah sebelumnya saya meminta Anda untuk melupakan sejenak perihal tampilan blog dan SEO, kini saatnya Anda mulai membuka kembali apa-apa yang Anda ketahui perihal SEO.
Sedangkan untuk Anda yang belum memahami apa itu SEO, anda bisa berselancar di internet dengan kata kunci apa itu SEO.
Namun sebagai pemahaman awal Anda, SEO sanggup dikatakan sebagai bagaimana cara semoga blog atau situs kita sanggup dioptimisasi semoga bisa mendapat ranking terbaik dalam hasil pencarian mesin telurus.
Pemilik situs web, atau siapapun yang mempunyai blog, impiannya ialah mempunyai trafik yang tinggi dan membangun pemirsa atau pembaca.
Menarik jutaan hingga miliaran audiens yang ada diluar sana dengan melihat kata-kata kunci yang menjadi patokan mereka dalam mencari info yang ada di internet.
Apalagi pembaca yang selalu ikut terlibat dan meninggalkan komentar, membuatkan konten yang dipublikasikan dimedia-media sosial mereka, dan secara teratur kembali ke situs atau blog kita.
Serta dengan bahagia hati mendukung atau merekomendasikan situs tersebut kepada pengguna lain di web.
Kombinasi tindakan tersebut diatas akan memperkuat keterlihatan blog kita bagi search engine, dan meningkatkan visabilitas SEO blog Anda.
Banyak blogger yang kesulitan ketika harus membangun traffic blog mereka, walaupun terkadang mereka merasa telah menghasilkan sebuah konten yang berkualitas.
Untuk itu, seorang blogger harus mengetahui apa itu SEO.
Walaupun SEO bukanlah sebuah ilmu yang pasti, alasannya banyak faktor yang memilih peringkat sebuah blog dalam hasil pencarian google.
Setidaknya, seorang blogger harus mengetahui dasar-dasar dari SEO itu sendiri.
Menulis sesuai dengan gaya bahasa nya sendiri, tanpa harus melupakan SEO.
Lihat di:
Konten yang kita buat dan publish di blog kita itu selain dibaca oleh pemirsa/ audiens, juga dibaca oleh mesin.
Dan disinilah SEO itu berperan, yakni perihal bagaimana cara menciptakan konten dan blog kita gampang dibaca mesin.
Namun ingat, alasannya disini ialah untuk dibaca mesin, bukan berarti kita mencar ilmu memanipulasi mesin tersebut. Kerena kalau kita melaksanakan hal yang demikian, memang dalam waktu singkat kita akan berada dipuncak hasil mesin penelusuran, namun percayalah hal itu tidak akan bertahan lama.
Bahkan bukan hal yang mustahil, pada saatnya nanti blog kita akan terkena pinalti dari mesin telusur, atau yang lebih dikenal dengan sandbox.
Bagaimana sebuah teknik SEO itu berperan dalam meningkatkan ranking blog kita sanggup Anda pelajari dari link yang telah saya berikan diatas.
Mendapatkan dan Meningkatkan Trafik
Jika semua tahapan diatas telah Anda lakukan, keinginan dan harapan Anda untuk mendapat dan meningkatkan trafik blog Anda bukan lagi sebuah hal yang mustahil.
Yakinlah, tidak ada hasil yang mengkhianati usaha.
Apa yang Anda hasilkan ialah apa yang telah Anda usahakan.
Anda memetik apa yang Anda tanam. Jika baik yang Anda tanam/ lakukan, maka hasilnya pun niscaya akan baik.
Namun sebaliknya, kalau apa yang Anda lakukan itu tidak baik atau berbuat curang, maka tunggulah saatnya Anda akan mendapat hasil yang jelek dari perjuangan jelek Anda.
Mendapatkan trafik blog tidak sanggup dilakukan secara instan, pun juga untuk meningkatkan trafik.
Yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan trafik blog tanpa harus bersusah payah mencar ilmu perihal bagaimana menghasilkan konten yang berkualitas serta teknik SEO yang baik, ialah dengan cara memasang iklan, baik itu melalui iklan di media sosial, maupun di google adword.
Saatnya Anda mulai fokus, lupakan perihal semua praktik jelek dalam blogging, tinggalkan praktik-praktik jelek tersebut, kalau Anda ingin dan bisa bertahan di dunia blogging.
SEBELUMNYA: MEMBUAT BLOG CUSTOM DOMAIN DI BLOGGER